Follow kami di google berita

Dukung Pemilu Damai dan Berkualitas, SMSI Kaltim Gelar Rakorwil di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb – 2024 menjadi tahun paling sibuk bagi republik ini. Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar, selama 12 bulan ke depan Indonesia akan melangsungkan suksesi kepemimpinan secara serentak dan berjenjang. Pemilihan legislatif digelar bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden. Kemudian dilanjutkan dengan pemilihan kepala daerah yang digelar September mendatang.

Pers sebagai pilar demokrasi keempat memiliki peranan penting untuk turut menyukseskan pelaksanaan hajatan besar tersebut. Memahami besarnya peranan tersebut, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) sebagai salah satu organisasi perusahaan pers yang menjadi kontituen Dewan Pers, berupaya mengambil tanggung jawab itu.

Ya, SMSI Kaltim akan menggelar rapat koordinasi wilayah (Rakorwil) di Tanjung Redeb, Berau, pada 7 Desember mendatang. Tak sekadar mengumpulkan jajaran pengurus dan anggota SMSI se-Kaltim, hajatan ini juga mengundang stakeholder yang paling berkepentingan dalam proses pengawalan pemilu.

Ketua SMSI Kaltim Abdurrahman Amin mengatakan, rakorwil tersebut juga akan dirangkai dengan penandatanganan kesepahaman (MoU) antara SMSI Kaltim dengan tiga Polda Kaltim, Kejati Kaltim dan Bawaslu Kaltim. Tiga institusi merupakan “tiga serangkai” penegak hukum dan pengawas pelaksanaan Pemilu yang tergabung di Gakkumdu.

“Kegiatan ini sebagai wujud konkret SMSI untuk turut menjaga marwah demokrasi dengan pemberitaan yang mengarahkan pada terwujudkan pemilu damai dan berkualitas,” kata Rahman, sapaan Abdurrahman Amin.

Ketua SMSI Berau, Indra Teguh Nur Cahayadi menambahkan, Kapolda Kaltim Irjen. Pol. Drs. Nanang Avianto dipastikan akan hadir dalam kegiatan ini. Menurut Teguh, kehadiran jenderal bintang dua tersebut merupakan bentuk dukungan sekaligus tanggung jawab dan dukungan agar insan pers yang bernaung di SMSI mampu mewujudkan pesan perdamaian dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

“Momen pelaksanaan rakorwil yang memasuki masa kampanye Pemilu 2024 menjadi waktu yang tepat untuk memastikan ulang komitmen SMSI dalam hajatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” kata Indra.

Teguh menambahkan bahwa dalam hajatan ini, pihaknya akan memusatkan semua kegiatan di Hotel Bumi Segah. Alasannya, hotel tersebut menjadi tempat satu-satunya yang memiliki kapasitas cukup representatif di Berau untuk menggelar kegiatan berskala regional dan nasional.

“Apalagi kegiatan dalam kegiatan ini kami juga mengundang ketua dan pengurus SMSI Pusat, rekan-rekan organisasi pers yang lain, seperti dari PWI dan Ketua Dewan Pers,” kata Teguh.

Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mendukung penuh pelaksanaan rarkowil SMSI di Tanjung Redeb. Sebagai tuan rumah, Sri mengaku siap menerima tamu-tamu yang datang dari berbagai penjuru Kaltim. “Kami sangat senang rakorwil SMSI digelar di Berau. Kami siap menyambut kedatangan para tamu-tamu,” kata Sri. (*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel