Follow kami di google berita

DPRD Berau Harap Ada Regenerasi Petani

A-News.id, Tanjung Redeb – Dengan semakin moderennya sistem pengolahan pertanian, diharapkan ada regenerasi petani. Hal itu diungkapkan Anggota DPRD Berau, Sakirman.

“Regenerasi ini perlu. Mengingat, saat ini minat muda mudi tidak codong dengan dunia pertanian,” ujarnya.

Diakuinya, sejauh ini sektor pertanian dianggap belum maksimal. Untuk itu, dirinya meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait segera melakukan pendataan kawasan pertanian di Kabupaten Berau.

“Jangan sampai, kawasan pertanian malah dijadikan perkebunan,” tuturnya.

Ia menegaskan, pihaknya sangat mendukung pengembangan sektor pertanian. Terlebih, di Kepulauan Jawa yang memiliki sistem pertanian berbasis teknologi yang jauh lebih maju.

Untuk itu, dirinya mendorong sistem yang sama di Kabupaten Berau juga bisa menarik minat pemuda di Bumi Batiwakkal agar terjadi regenerasi era petani moderen.

“Inilah yang harus lakukan. Mengingat, SDM petani kita sudah banyak lanjut usia. Ketika tidak diimbangi dengan teknologi, ini akan jadi masalah. Dikhawatirkan, pertanian akan berubah menjadi hamparan perkebunan saja,” terangnya.

Ia berharap, sektor andalan Bumi Batiwakkal ini terus mendapat dukungan pemerintah. Apalagi, Berau memiliki sekolah tinggi pertanian, yang bisa diajak bekerjasama untuk melakukan pendampingan petani di lapangan.

“Tentunya dengan dukungan pemerintah daerah. Pertanian kita harus diubah menjadi moderen, jangan lagi pakai sistem lama,” pungkasnya. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel