Follow kami di google berita

Dorong Perkembangan Literasi di Bumi Batiwakkal

A-News.id, Tanjung Redeb – Anggota DPRD Berau, M Icshan Rapi mendorong perkembangan literasi di Kabupaten Berau.

Menurutnya, masih minimnya tenaga perpustakaan yang terakreditasi, termasuk perpustakaan berjenjang nasional, menjadi kendala dalam peningkatan literasi di Bumi Batiwakkal -sebutan Kabupaten Berau.

Hal itu diketahuinya setelah mendengar pemaparan Ketua Asosiasi Tenaga Perpustakaan Indonesia (ATPUSI) Berau, Mariani, saat festival literasi beberapa waktu lalu.

“Kenapa pentingnya literasi, karena kebodohan itu banyak memakan korban, kita harus banyak membaca, mau itu yang fisik atau berbentuk buku-buku digital,” ungkap pria yang juga Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Berau.

Diketahui, dari ratusan sekolah yang ada di Berau, baru 17 sekolah yang mempunyai perpustakaan bertaraf nasional baik tingkat SD hingga SMA. Sementara untuk pustakawan yang terakreditasi cuma ada 30 orang.

“Jadi untuk pustakawan ini memang diperlukan orang-orang yang profesional di bidangnya. Saya rasa untuk tenaga perpustakaan yang terakreditasi itu penting untuk ditingkatkan,” ujar pria yang akrab disapa Daeng Iccang ini.

Termasuk perpustakaan sekolah yang belum bertaraf nasional ini yang harus juga kita perhatikan, bagaimana langkahnya, paling tidak dengan menambah koleksi buku-buku baru dan terpopuler,” tambahnya.

Dikatakannya, kemampuan literasi merupakan upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang baik. Oleh karena itu, dia menyambut baik apabila ada kegiatan literasi yang digelar.

Namun, upaya tersebut kata Iccang tidak bisa berjalan mulus tanpa dukungan pemerintah. Konsep perpustakaan harus sudah modern sehingga mengundang daya tarik para anak-anak.

Ia menilai yang paling diperhatikan pertama, dimulai dari minat membaca anak-anak, dari minat pasti bakal jadi kegemaran selanjutnya menjadi kebiasaan dan terakhir budaya.

“Jadi kita pancing dulu minatnya dengan edukasi yang bagus, ditambah fasilitas pendukung. Makanya perpustakaan juga harus bisa bertransformasi dengan lebih baik dan modern,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel