Follow kami di google berita

Dorong Percepatan Pembangunan Dermaga Wisata Pulau Derawan

A-News.id, Tanjung Redeb – Di sela-sela kegiatan serap aspirasi atau Reses di Kampung Pulang Derawan, Ketua Komisi III DPRD Berau, H Saga, menyempatkan waktu meninjau pembangunan Dermaga Wisata Pulau Derawan, Selasa (16/10/2023) lalu.

Peninjauan itu untuk memastikan pembangunan berjalan sesuai rencana dan dapat selesai tepat waktu. Mengingat dermaga wisata tersebut nantinya menjadi akses keluar masuk wisatawan di Pulau Derawan.

Dijelaskan Saga, pembangunan dermaga wisata itu dikerjakan dua tahap yang dimulai sejak 2022 lalu. Anggaran pembangunan  pada tahap pertama, lanjutnya, dikucurkan sebesar Rp 11 miliar. Sedangkan tahap kedua dianggarkan oleh Pemkab sebesar Rp 8 miliar.

“Awal pembangunan tahun 2022, kemudian di tahun 2023 ada lagi dianggarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau,” kata Saga disela-sela meninjau pembangunan dermaga tersebut.

Dari informasi yang diterimanya, pengerjaan dermaga tersebut ditarget rampung akhir November mendatang. Namun jika terjadi keterlambatan, akan dilakukan addendum yang mengestimasikan pada pertengahan Desember nanti.

“Progres pembangunan dermaga sudah mencapai 60 persen. Kalaupun ada keterlambatan, ada addendum yang mengestimasikan sampai pertengahan Desember. Yang jelas tahun ini harus sudah rampung,” jelasnya.

Untuk memastikan Dermaga Wisata Pulau Derawan selesai sesuai target, dirinya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengakomodir pihak kontraktor. Sebab, memasuki akhir tahun, dikhawatirkan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Derawan membeludak.

Untuk itu, Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mendorong percepatan penyelesaian dermaga guna memudahkan akses wisata ke Pulau Derawan.

“Nantinya dermaga tersebut akan dijadikan akses satu pintu keluar masuk wisatawan. Jika dermaga ini difungsikan, tentu akan berdampak pada Pendapat Asli Daerah (PAD) di sektor pariwisata,” pungkasnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel