Follow kami di google berita

Dorong Kemajuan Sektor Pertanian, Bupati: Sudah Waktunya Petani Sejahtera

A-News.id, Tanjung Redeb – Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, melalui Plt Asisten II Setkab Berau, Ilyas Natsir, mengimbau jajaran DPD Perhiptani (Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia) Kabupaten Berau sebagai organisasi penyuluh pertanian untuk intens memberikan pendampingan bagi para petani di Kabupaten Berau.

Caranya adalah dengan menerapkan teknologi tepat guna dan memetakan seluruh potensi pengembangan pertanian. Hal ini dilakukan agar produksi setiap komoditi yang dibudidayakan sesuai dengan kondisi daerah dapat meningkat.

Dikatakannya Pemkab Berau komitmen meningkatkan ekonomi masyarakat dengan optimalisasi sektor hilir sumber daya dan pertanian melalui berbagai program. Salah satunya bantuan stimulan serta mewujudkan sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan yang maju berbasis teknologi.

Ia menjelaskan bahwa dewasa ini banyak orang yang memandang sepele profesi petani. Padahal menurutnya, profesi petani sejatinya mampu menghantarkan orang pada kesuksesan di samping pekerjaan-pekerjaan lain.

“Selama ini mungkin yang kita keluhkan adalah anggapan terhadap profesi petani yang dianggap kumuh, jelek. Padahal sekarang petani itu bisa jauh lebih hebat dari pegawai,” jelasnya, saat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia Tahun 2023 di Ruang Sangalaki, Sabtu (16/12/2023).

Di samping itu, Natsir juga mengimbau untuk selalu memastikan peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas pangan, meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pangan yang layak, meningkatkan kesejahteraan petani, nelayan, dan pelaku usaha pangan, serta melindungi dan mengembangkan kekayaan sumber daya pangan.

“Sudah waktunya petani sejahtera. Ketahanan pangan perlu diperhatikan.

Kalau kita tidak mampu mempersiapkan pangan kita dengan cara mandiri, saya khawatir banyak orang tidak berpikir ke sana (pertanian),” ucapnya.

Iya pun mengharapkan kerja sama dan peran aktif dari jajaran Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, dan Dinas Pangan, serta seluruh stakeholder terkait agar kemajuan sektor pertanian dan kesejahteraan para petani sendiri. (jo/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel