Follow kami di google berita

Ditjen Hubla Kukuhkan Lagi 30 Orang Ahli Ukur Kapal

A-News.id, Bogor — Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat Perkapalan dan Kepelautan menggelar kegiatan Pengukuhan 30 orang Ahli Ukur Kapal Metode Dalam Negeri yang dilaksanakan di Bogor, Jum’at (7/10/2022).

Direktur Perkapalan dan Kepelautan, H. Ahmad Wahid dalam sambutannya menjelaskan kegiatan Pengukuhan Ahli Ukur ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan meningkatkan mutu penyelenggaraan pengukuran kapal di unit kerja masing-masing, yang pada akhirnya dapat menghasilkan pelayanan yang optimal bagi para pengguna jasa perkapalan dan kepelautan.

Ahmad mengatakan bahwa ahli ukur kapal memiliki peranan penting terutama dalam hal menunjang keselamatan pelayaran.

“Salah satu tujuan dari pengukuran kapal adalah untuk menentukan tonase kotor dan tonase bersih sebuah kapal sebelum kapal dioperasikan. Kegiatan tersebut merupakan awal penentuan bagi sebuah kapal yang nantinya akan melekat sertifikasinya terkait dengan keselamatan, pengawakan, pencemaran dan perlindungan lingkungan maritim,” jelas Ahmad.

Terkait dengan hal ini, saya meminta supaya para ahli ukur kapal dalam melaksanakan kegiatan pengukuran kapal di unit kerja masing-masing agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab berdasarkan ketentuan peraturan yang berlaku.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pengukuran kapal di unit kerja masing-masing yang pada akhirnya dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para pengguna jasa perkapalan,” tukas Ahmad.(MM-O1).

Bagikan

Subscribe to Our Channel