Diskoperindag Dorong Pemkab Berau Launching Penggunaan Batik Khas Berau bagi ASN Guna Hidupkan Usaha Pengrajin Batik Berau

ANEWS, Berau – Plt Kepala Diskoperindag Berau, Salim, Kamis, 1/7/2021 mengatakan bahwa diskoperindagkop menggagas rencana program Pemerintah Kabupaten Berau terkait Penggunaan Batik Khas Berau yang akan dipakai oleh seluruh Jajaran Pemkab, baik OPD, Badan, Perumda dan Lembaga serta Sekolah dan Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Berau.

“Idenya dari kita, disampaikan ke Bupati, dan Bupati setuju, Insya Allah Perbupnya selesai dalam waktu dekat,”ujar Salim.

Ditambahkan Salim, Ada 15 desain motif batik yang sudah ditentukan, dari hasil lomba desain motif batik itu sebelumnya, yang nantinya akan diproduksi para pengrajin yang terhimpun di bawah wadah Koperasi Pengrajin Batik Kabupaten Berau.

“Ini kaitannya dengan peningkatan ekonomi kreatif, mendorong bagaimana ekonomi keluarga dan kreatifitas pengrajin batik ini bisa berjalan,” jelasnya.

Menurut Salim, program ini merupakan bagian dari program yang dilaksanakan dekranas, yang juga di bawah koordinasi diskoperindag, yang bertujuan, selain mengenalkan identitas batik khas Berau, juga diharapkan akan menghidupkan sektor usaha kreatif di bidang perbatikan dari usaha kecil (UMKM) khususnya pengrajin batik di sentra-sentra kerajinan batik yang ada di Kabupaten Berau.

Salim menambahkan, beberapa waktu lalu, sudah dilombakan desain batik khas Berau yang akan diproduksi olehpara pengrajin batik di Berau.

Dia juga menyampaikan bahwa nanti di Perbup terkait penggunaan batik khas Berau ini, menjelaskan selain itu nanti dikerjakan oleh para pengrajin batik melalui koperasi batik Berau, juga perbup ini memproteksi tidak ada lagi pengrajin dari luar yang masuk, khususnya dalam memproduksi batik khas Berau yang akan digunakan seluruh ASN di OPD, badan, dinas, instansi, perumda, dan sekolah serta perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Berau. (yud)

Bagikan