Dinsos Minta Warga Penerima Bantuan Yang Sudah Bisa Mandiri Melapor

A-News.id, Tanjung Redeb – Kurangnya tenaga survei untuk masyarakat kurang mampu membuat Dinas Sosial kewalahan dan berharap agar warga yang sudah mampu atau mandiri dapat melapor ke Dinas Sosial Kabupaten Berau.

Totoh Hermanto selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Berau mengatakan, data basic yang saat ini tercatat ada sekitar 7.547 jiwa dan akan terus di verivali.

“Setelah data kami verivali, data tersebut akan diusulkan ke Kementrian Sosial lalu diverifikasi lagi di Pusdatin, dan akan turun lagi kesini (dinas sosial),”ucap Totoh.

Totoh menambahkan, kurangnya sinkronisasi dan ditambah lagi keadaan pandemi saat ini membuat tenaga survei yang ada kewalahan, sehingga data-data yang baru masuk tersebut akan terus diupayakan semaksimal mungkin agar dapat disinkronisasi.

Adapun data yang sudah masuk, bantuan tersebut akan ditujukan ke penerima bantuan melalui bank yang sudah ditentukan lalu bank akan menyalurkan bantuan tersebut melalui E-Warung.

“Jadi masyarakat yang kurang mampu tersebut bisa langsung menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk mengambil bantuannya di E-Warung,”tegas Totoh.

Selain itu, Totoh mengatakan, masyarakat yang sudah mendapat bantuan dari Dinsos akan terus dibina agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk dijadikan modal usaha.

“Diharapkan juga tokoh masyarakat, jika memang sudah mandiri dan sudah kelihatan mampu, laporkan ke kami sehingga jadi berkurang,”pungkas Totoh. (*)

Bagikan