Follow kami di google berita

Dapat Laporan Warga, BPBD Berau Amankan King Kobra Sepanjang 3 Meter di Sambaliung

A-News.id, Tanjung Redeb — Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Berau amankan ular King Kobra kurang lebih dengan panjang 3 meter, Rabu (22/11).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD sub PMK Berau, Nofian Hidayat menerangkan, awalnya satwa liar ini ditemukan oleh warga di rumah miliknya Jalan Limunjan, Gang Pinang Kecamatan Sambaliung pada siang hari tadi.

“Sekitar jam 13.30 wita di Sambaliung,” ujarnya.

Dengan adanya laporan tersebut, sebanyak 3 personil damkar bersama komandan lapangan langsung menuju lokasi untuk mengamankan ular yang berbahaya tersebut.

Hal ini juga merupakan salah satu program pihaknya sebagai pencegahan, penanggulangan, penyelamatan, kebakaran dan non kebakaran dengan sub program penyeamatan dan evakuasi korban non kebakaran. Maka bagi masyarakat yang ingin meminta bantuan dapat menghubungi nomor aduan damkar Berau yang aktif 24 jam.

Nofian juga mengungkapkan ada beberapa kendala yang dialami oleh personilnya, salah satunya perihal alat yang terbatas sehingga hanya menggunakan teknik manual tentunya sangat beresiko.

“Penangkapan secara manual, tidak ada anggaran, SDM belum ada pelatihan, tidak ada alat jadi hanya modal nekat dan otodidak. ” tandasnya.

Selanjutnya, satwa liar ini akan diserahkan ke Kantor BKSDA SKW I Berau untuk penanganan lebih lanjut. (yf)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel