Follow kami di google berita

BMKG Berau Prediksi Potensi Hujan Deras Hingga Januari 2023

A-News.id, Tanjung Redeb — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG Berau memprediksi curah hujan yang cukup tinggi akan terjadi di Berau hingga bulan Januari tahun 2023.

Kepala BMKG Berau, Tekad Sumardi mengatakan secara umum wilayah Berau saat ini memang sedang memasuki puncak musim hujan, yakni mulai dari awal Desember tahun 2022 hingga bulan Januari tahun 2023.

“Saat ini kita lihat cuaca memang sedang memasuki musim penghujan,” ujarnya.

Berdasarkan data analisa yang dimiliki, terpantau kondisi Enso singkatakan dari El Niño-Southern Oscillation dalam kondisi kategori lanina (lemah). Hal ini berpotensi menambah pasokan masa udara basah ke Kabupaten berau.

“Kondisi angin juga dalam kondisi prima yakni angin 3000 FT, terpantau juga pola siklonik di sebelah utara pulau kalimantan yang menyebabkan belokan angin di wilayah Berau,” jelasnya.

“Jadi potensi hujan deras masih ada hingga bulan Januari tahun 2023,” tambahnya.

Dirinya menghimbau untuk seluruh masyarakat Berau agar tetap waspada dalam menghadapi musim hujan khususnya untuk masyarakat pesisir.

“Apabila di wilayahnya mulai terlihat tanda angin kecang atau awan mendung hujan, diimbau untuk menghentikan aktivitasnya untuk melaut karena angin kencang dapat memicu timbulnya gelombang tinggi,” pungkasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel