Follow kami di google berita

Begini Cara Dinas Pangan Agar Petani Semangat Produksi Padi

A-News.id, Tanjung Redeb – Guna terus meningkatkan gairah petani lokal, Dinas Pangan Kabupaten Berau genjar melakukan upaya pemberian bantuan dalam rangka mengurangi biaya produksi yang dikeluarkan oleh para petani diantaranya bantuan karung beras, Sabtu (3/9/2022).

Sebagaimana dijelaskan Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Basri. Kata dia, bantuan berupa karung beras tersebut diberikan sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh petani melalui kelompoknya masing-masing.

Karung padi tersebut terbagi ke dalam ukuran 5 dan 10 kilogram. Di tahun 2022 ini sudah ada 11 kelompok tani yang mendapat bantuan suplai karung beras. Belasan kelompok itu tersebar di 6 Kecamatan, yakni Gunung Tabur, Sambaliung, Teluk Bayur, Segah, Tabalar dan Kelay.

“Tercatat total bantuan karung beras yang sudah kita salurkan sebanyak 10 ribu lembar,” kata Basri.

Dengan begitu jika dikalkulasikan, petani bisa menghemat biaya produksi Rp 3 ribu jika harus membeli selembar karung ukuran 10 kilogram.

“Jadi daripada mereka (petani) harus keluar biaya lagi, mending kita bantu untuk beli karung, jadi bisa biaya lainnya mereka pakai untuk keperluan lain apakah beli pupuk atau yang lainnya,” sambungnya.

Dengan bantuan karung beras tersebut Basri menginginkan para petani agar tetap sejahtera dan semangat dalam memproduksi padi. Karena jika tidak ada upaya dari pemerintah agar petani tetap konsisten memproduksi padi maka dikhawatirkan petani akan beralih dari tanaman pangan menjadi perkebunan maupun pertambangan.

Dengan asumsi seperti itu, jika banyak dari petani yang sudah meninggalkan tanaman pangan maka itu bisa menjadi kabar buruk bagi Kabupaten Berau. Sebab para petani lokal adalah salah satu ujung tombak pemasok cadangan pangan sebagai bahan baku makanan. Dengan kata lain ujar Basri.

“Tentu titik ujungnya itu kesejahteraan petani, itu pasti, sehingga kita perlu memberikan rangsangan-rangsangan, insentif-insentif yang terukur,” katanya.

“Artinya apa-apa yang dibutuhkan dalam proses produksi beras mereka nah itu kita support barangnya,” pungkasnya.

Selain karung beras, adalagi bantuan lain yang berikan oleh Dinas Pangan. Yakni, seperti ongkos BBM, alat jahit karung dan alat pengukur kadar air padi. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel