Follow kami di google berita

Bayar Duluan ! Mekanisme Parkir di Pasar SAD akan Dirubah

A-News.id, Tanjung Redeb — Penarikan retribusi parkir di Pasar Sanggam Adji Dilayas (SAD) terbilang kurang maksimal. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Sarana dan Perdagangan, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, Abdurrachim Saad.

Menurutnya, kurang maksimalnya penarikan retribusi tersebut dikarenakan masih menggunakan cara yang manual. Seharusnya sistem penarikan retribusi tersebut sudah dilakukan dengan cara otomatis.

“Seharusnya kita sudah gunakan cara yang otomatis menggunakan mesin, namun terkendala anggaran,” tuturnya.

Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, tentu penghasilan PAD yang berasal dari retribusi parkir tersebut akan tidak mencapai target.

“Karena banyak yang lewat-lewat tanpa membayar, seandainya itu ada palang pasti masyarakat stop sejenak untuk membayar,” katanya.

Sementara ini pihaknya telah mengajukan pengadaan mesin portal elektronik namun belum disetujui, padahal hal ini merupakan salah satu aset terpenting daerah untuk meningkatkan Penghasilan Asli Daerah (PAD).

Untuk mengantisipasi kebobolan tersebut, pihaknya berinisiasi akan menguji coba sebelum masuk pasar agar dapat membayar parkir terlebih dahulu, kemudian dipintu keluar akan ada petugas yang akan meminta karcis yang telah dibayar tersebut.

“Apabila ada yang belum bayar, maka dia langsung dapat membayar di pintu keluar tersebut,” sebutnya.

Hal ini dikatakannya akan diuji coba setelah lebaran Idul Fitri mendatang. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel