Follow kami di google berita

Antisipasi Arus Balik Lebaran 2022, Tiga Menteri Kunjungi Pelabuhan Panjang

A-News.id, Bandar Lampung – Dalam rangka mengurangi kepadatan antrian saat arus balik Angkutan Lebaran Tahun 2022 khususnya pada layanan penyeberangan dari Sumatera ke Jawa, Pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang, Lampung menjadi pelabuhan alternatif untuk melayani para pemudik.

Kunjungan kerja tiga Menteri pada Rabu (4/5/2022) ini, untuk memastikan kesiapan penanganan arus balik diantaranya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy.

Turut hadir juga dalam kunjungan ini, Kakorlantas Polri Firman Shantyabudi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto.

Menteri Pembangunan Manusia, Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy dalam sambutannya mengatakan “Arus mudik tahun 2022 ini dari sisi jumlah pemudik berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, kami mengapresiasi Para Pihak terkait dalam upaya mensukseskan kelancaran arus mudik tahun 2022 ini terutama dalam hal menjamin keselamatan para pemudik”.

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pembukaan rute Pelabuhan Panjang, Lampung – Pelabuhan Ciwandan, Banten ataupun sebaliknya ini merupakan bentuk antisipasi yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan berkolaborasi dengan Kementerian BUMN dalam mengurai kepadatan arus balik mudik yang membeludak.

Peran Pelindo sebagai Operator Pelabuhan diharapkan dapat membantu untuk pelaksanaan kegiatan arus balik ditahun ini dengan penambahan rute yang dapat melayani armada kapal tambahan.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang menyatakan kesiapannya dalam mendukung kelancaran arus balik dengan memaksimalkan pelabuhan dan kapal yang ada di bawah pengelolaan operator transportasi BUMN.

“Sejak awal, saya minta BUMN mendukung Kemenhub dalam mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. BUMN dan Kemenhub terus berkoordinasi secara intensif dalam mengantisipasi sejumlah dinamika yang terjadi di lapangan sehingga layanan angkutan lebaran pada arus balik tetap berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat,” ujar Erick Thohir.

Guna memberikan layanan yang maksimal pada arus balik, Pelindo menyediakan fasilitas tambatan di Pelabuhan Panjang, Lampung dan Pelabuhan Ciwandan, Banten, masing-masing 4 (empat) tambatan. Tambatan tersebut telah dikosongkan pada tanggal 5-8 Mei 2022 khusus untuk mengangkut kendaraan arus balik lebaran. Kapal roro berkapasitas besar yang dapat menampung 800 kendaraan kecil atau 624 kendaraan campuran akan dioperasikan melayani rute Pelabuhan Panjang – Ciwandan.

Sementara, Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono mengatakan “Kami siap mendukung dan mensukseskan program Pemerintah guna mengantisipasi lonjakan penumpang dan kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 pada arus balik Lebaran tahun 2022 khususnya dari Pelabuhan Panjang.”(Red-MM).

Pelindo juga menyiapkan petugas pelayanan dengan pola 24/7, fasilitas pendukung seperti area parkir kendaraan pemudik, serta tenda-tenda tempat istirahat. Berdasarkan perkiraan dari Kementerian Perhubungan, puncak kepadatan trafik arus balik akan terjadi pada tanggal 6-8 Mei 2022.

“Melayani masyarakat adalah hal yang terus dijaga melalui kerjasama, koordinasi dan kolaborasi dengan TNI, Polri, Pemerintah Pusat, dan Daerah agar arus mudik dan balik tahun ini dapat berjalan lancar,” tegas Erick Thohir (Mimbar Maritim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel