AKSI MAY DAY, FBI BERAU INGIN HAPUSKAN GEJOLAK PERBUDAKAN MODERN

ANews, Berau – Memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap 1 Mei atau yang biasa disebut May Day, Federasi buruh Indonesia (FBI) cabang Berau melakukan orasi tepatnya di Gor Pemuda, pada Sabtu (1/5/2021) pagi.

Ketua Serikat Buruh FBI Kabupaten Berau,Suyadi mengungkapkan bahwa tema May Day mereka kali ini adalah Gejolak Perbudakan Modern. Hal tersebut lantaran banyak sekali perusahaan khususnya pertambangan yang melakukan perbudakan dengan landasan berlindung pada undang-undang.

Ketua Serikat Buruh FBI Kabupaten Berau,Suyadi

“Yang saya maksud perbudakan modern adalah di sektor pertambangan sub kontraktor PT Berau Coal itu mempekerjakan para karyawannya menggunakan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT),” bebernya.

“Masih banyak yang melakukan perbudakaan, untuk sektor pertamabngan terutama di Berau Coal luar biasa, kebal hukum dan tidak bisa dipanggil siapapun perwakilanya, hampir juga kami tidak jadi aksi ini, tapi saya bilang siapapun saya akan lawan,” tegas Suyadi.

Suyadi Menambahkan, pihaknya terus-menerus, hari ke hari tetap memperjuangkan dan hari ini adalah hari dari inti-inti perjuangan mereka.

“Pelaksanaan tersebut dihadiri hampir seluruh PK karena tema tersebut sangat menakutkan bagi para pengusaha untuk menghapus perbudakan yang ada di Kabupaten Berau ini,” tutupnya. (jul)

Bagikan