Follow kami di google berita

Dispar Kaltim Kembali Adakan Festival 3 Danau, Targetkan Ekonomi Pariwisata Meningkat

Anews.id, Samarinda – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyimpan banyak potensi wisata yang kini telah dikenal banyak orang. Bahkan untuk terus memperkenal wisata-wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim berupaya untuk bisa membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung untuk menikmati surga di benua etam.

Untuk itu, Dispar Kaltim kembali menggelar festival tiga danau yang berada di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) pada tanggal 30 September – 2 Oktober 2022 mendatang, yang dimana puncak acara nanti diadakan di Desa Semayang.

Kepada awak media, Kasi Pengembangan Ruang Kreasi Dispar Kaltim, Awang Khalik menuturkan bahwa festival 3 danau yakni Danau Semayang, Danau Jempang, dan Danau Melintang diadakan sebagai visi misi dari Gubernur Kaltim untuk mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Tema festival tiga danau ini yakni The Lake And “The Spirit Of Arts In Appretiation Of World Tourism Day” dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan di sekitar masyarakat 3 danau itu,” ungkap Awang saat menggelar konfrensi pers di salah satu cafe yang berada dijalan Danau Semayang, Samarinda. Selasa (28/9/2022).

Tak hanya itu, Awang juga menjelaskan dipilihnya tema “The Lake And The Spirit Of Arts In Appretiation Of World Tourism Day” lantaran ia menilai selama ini ketiga danau tersebut belum terexplore hingga keluar daerah.

“Dengan adanya festival ini, kita memperkenalkan 3 danau yang nantinya bisa di exsplore oleh wisatawan. Karena selama ini baru dokumentasi dan tari saja yang kita lakukan, belum ada karya yang terinsipirasi dari ketiga danau ini,” jelas Awang.

“Kita targetkan bahwa festival 3 danau otomatis perkembangan wisata disana meningkat dan perputaran ekonomi masyarakat bisa bertambah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi menyampaikan keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) bisa menjadi magnet untuk seluruh masyarakat Indonesia bisa datang ke Kaltim menikmati wisata di Kaltim.

“Tentu Kaltim siap dengan segala aspek dan bidang sehingga bisa menjadikan festival 3 danau menjadi salah unggulan dalam pengembangan ekonomi, ucap Eki sapaan karibnya.

Untuk itu, Eki menambahkan pihaknya telah berkolaborasi juga dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Kolaborasi sudah kami lakukan bersama Disdikbud Kaltim. Jadi selain menikmati indahnya 3 danau ini, wisatawan juga akan disuguhkan oleh beberapa acara kebudayaan-kebudayaan di Kaltim,” pungkasnya.

 

 

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel