Follow kami di google berita

4.061 Kotak Surat Suara Sudah Sampai di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Logistik keperluan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mulai berdatangan di Kabupaten Berau. Sebanyak 4.061 kotak surat suara telah sampai beserta perlangkapan lainnya.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto mengatakan, sebagian logistik tersebut mulai berdatangan seperti kotak suara, bilik suara, segel, kabel tis, tinta dan alat kelengkapan KPPS lainnya.

“Belum 100 persen datang, surat suara sudah dicetak semua dan masih dalam perjalanan,” ujar Budi melalui pesan whatsapp, Senin (25/12/2023).

Seluruh logistik Pemilu tahap I sudah masuk ke Gudang KPU di Gor Pemuda Tanjung Redeb termasuk surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden dan dikawal ketat pihak pengamanan. Seluruh kebutuhan pemilu jika sudah sampai 100% selanjutkan akan didistribusikan ke daerah pelosok hingga kepulauan minimal H-3 sudah mulai didistribusikan.

Budi berharap agar logistik surat suara ini cepat sampai di Berau, mengingat masih ada proses sortir dan pelipatan surat suara sebelum dikirim ke PPK maupun PPS di masing-masing tempat.

“Semoga cepat sampai karena nantinya masih ada proses penyortiran, pelipatan kertas suara dan pengesetan logistik lainnya. Untuk pengiriman ke daerah terpencil maupun kepulauan memungkinkan kita gunakan pihak ketiga, tentunya dikawal oleh TNI-Polri,” bebernya.

Setiap KPU kabupaten/kota, tambah Budi nantinya akan mendapatkan surat suara sejumlah DPT ditambah surat suara cadangan 2%.

“Surat suara cadangan 2 persen itu digunakan jika ada surat suara yang rusak, atau keliru coblos dan diberikan hanya maksimal 1 kali,” pungkasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel