Follow kami di google berita

Transformasi Digital Pendapatan Kabupaten Berau Melalui Layanan Daring

A-News.id, Tanjung Redeb — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Berau saat ini tengah mendukung penuh program pemerintah pusat dalam hal digitalisasi pelayanan.

Terlebih pihaknya bersama instansi terkait telah membentuk Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Berau agar penerimaan permerintah daerah dapat dilakukan secara digital dan efisien.

Kepala Bapenda Berau, M Said mengatakan, saat ini sebagian besar pelayanan di Bapenda Berau telah bertransformasi menjadi pelayanan digital atau berbasis daring agar pelayanan ke masyarakat dapat lebih mudah tanpa datang ke kantor.

Tentu dengan adanya fasilitas daring tersebut tidak semuanya masyarakat paham, maka pihaknya pun terus menginstruksikan jajarannya agar terus melakukan sosialisasi baik itu di media sosial maupun secara tatap muka.

“Kita sangat mendukung transformasi digital, jadi kita terapkan itu pada layanan salah satunya pelaporan pajak secara online E-SPTPD,” tuturnya.

Selain itu, ada beberapa layanan juga seperti SIMHORE, E-SPPT. Khususnya SIMHORE Bapenda saat ini tengah mengembangkan beberapa fitur untuk menyesuaikan kebutuhan.

“Karena SIMHORE saat ini sekarang pelaporannya dari Wajib Pajak dengan memberikan data omset saja tanpa adanya bukti pendukung,” sebutnya.

Pihaknya juga akan terus melakukan evaluasi bertahap agar dapat memberikan kemudahan bagi warga. Selain itu, khususnya aplikasi SIMHORE nantinya akan menjadi aplikasi satu pintu dalam hal pendaftaran pajak daerah hingga pelaporan.

“Kita akan giat sosialisasikan mengenai pelaporan pajak daring ini hingga kedepannya SIMHORE bakal jadi aplikasi satu pintu untuk warga dalam hal pengurusan pajak,” tandasnya. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel