Follow kami di google berita

Tinjau Proyek CSR PT Berau Coal, Lurah Minta Perhatikan Aspek Keselamatan Masyarakat

A-News.id, Tanjung Redeb — Lurah beserta Sekretaris Kecamatan Gunung Tabur tinjau langsung Jalan Usaha Tani (JUT) yang dibangun menggunakan Dana CSR PT Berau Coal.

Jalanan sepanjang 400 meter ini terletak di RT 14 Kelurahan Gunung Tabur. Didampingi beberapa perwakilan PT Berau Coal pihaknya melakukan opname disejumlah titik untuk memastikan kondisi jalan tersebut.

Sekretaris Kecamatan Gunung Tabur, Rudiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Lurah Gunung Tabur menuturkan, dalam perancanaan awal memang tidak sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

Namun dari pihak Berau Coal mengatakan perihal ini karena disebabkan faktor alam yang terjadi sebelumnya.

“Sehingga sebagian anggaran digunakan untuk penanganan longsor,” kata Rudi.

Hal ini terjadi menurut Rudi, dikarenakan kurangnya kordinasi antara pihak vendor dengan pemerintahan dalam hal ini kelurahan. Dengan begitu, perencanaan awal yang diberikan terjadi perubahan yang tidak dikordinasikan ke kelurahan.

“Karena sebelumnya memang tidak ada respon, tapi tidak apa ini sudah direspon,” ungkapnya.

Disisi lain, koordinasi ini seharusnya dilakukan terus menerus, melihat kondisi saat ini ada beberapa titik yang membahayakan masyarakat jika melintasi jalan tersebut. Salah satunya tikungan turunan maupun sebaliknya cukup curam.

“Ada juga masukan terkait aspek keselamatan masyarakat di sini. Semoga lanjutannya nanti dapat diperbaiki apa-apa yang harusnya dilakukan demi keselamatan masyarakat kita,” ungkapnya.

“Saya melakukan opname ini karena saya sebagai lurah bisa menyerahkan jalan ini dengan kondisi sesuai perencanaan kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Facility Ifrastructure Departement (FID) PT Berau Coal, M Natsir mengatakan aktualnya memang SPK yang pihaknya terima hanya 400 meter setelah dikerjakan. Hal ini dikarenakan ada pekerjaan tambahan untuk melakukan penanganan longsor.

“Harusnya lebih panjang, karena ada penanganan longsor tadi sehingganya hanya 400 meter,” ujarnya.

Akan tetapi tahap lanjutan ini, lanjut Natsir tergantung pihak kelurahan apakah mau mengusulkan tahun ini apa tidak. “Jika diusulkan lanjutannya akan kita budgetkan kan gitu, termasuk longsoran yang ada kita perbaiki,” tandasnya. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel