Tingkat Penumpang Dermaga Tanjung Batu Kembali Ramai

ANEWS, Berau – Setelah sempat mengalami penurunan, jumlah penumpang yang memanfaatkan jasa angkutan speed boat di dermaga Tanjung Batu kecamatan Pulau Derawan kembali meningkat pasca lebaran 1442 Hijriyah.

Penumpang pun cukup ramai saat memasuki hari libur dan akhir pekan. Tujuannya pun beragam mulai tempat wisata hingga pulang ke rumahnya masing-masing, untuk tingkat lonjakan wisawatan memang terjadi sejak tempat wisata dibuka kembali pada 18 Mei 2021.

Kepala UPT Dermaga Pulau Derawan Dinas Perhubungan Berau, Risman Hadipriyatna mengatakan, saat hari biasa jumlah penumpang yang diangkut tak lebih dari 50 orang sebaliknya jumlah itu meningkat tiga kali lipat saat musim liburan tiba.

“Sebelum lebaran kan kita tutup sama sekali, mungkin lonjakannya itu sekitar 100, 200 persen. Kalau rata-rata semenjak dibuka pada tanggal 18 Mei itu satu hari sekitar 100 sampai 150 orang, itu di weekend dan di hari biasa Senin sampai Kamis normal aja,” uijarnya, Senin (31/5/2021).

“Kalau untuk di Tanjung Batu itu umumnya pengunjung ke Derawan, tapi ada juga yang kadang ke pulau lain seperti Sangalaki, Maratua, kebanyakan memang masyarakat lokal Berau tapi ada juga yang dari Sangata, Bulungan dan Kaltara sedangkan kalau yang mancanegara tidak ada,” sambungnya.

Karena masih dalam masa pandemi coivd-19, Risman mengaku tetap mengantisipasi agar kerumunan dapat diminalisir. Dirinya bersama satgas setempat akan tetap memberikan arahan kepada penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tergantung dari individunya masing-masing yang jelas kan ini untuk keamanan diri masing-masing juga,” katanya.

Bagi pengelola speed boat, peningkatan penumpang ini cukup menggembirakan. Pendapatannya mulai meningkat setelah sempat kesulitan memperoleh penghasilan akibat kebijakan terkait larangan beraktivitas akibat wabah covid-19.(mik)

Bagikan