Follow kami di google berita

Tingkat Kunjungan di Kaltara Meningkat 

A-News.id, Tanjung Selor — Tingkat kunjungan wisatawan di Kalimantan Utara (Kaltara) mengalami peningkatan selama dilakukan rangkaian pesta hari jadi Kaltara ke-11 (Benuantafest) 2023 di lapangan agatis Tanjung Selor.

Bahkan kunjungan wisatawan didominasi domestik dan Mancanegara atau negara Malaysia yang turut serta menyaksikan perhelatan yang dilakukan satu tahun sekali itu.

Selama beberapa hari saja diperkirakan pengunjung yang datang dilapangan agatis pada malam hari mencapai ribuan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kaltara, Njau Anau. Dikatakannya bahwa terjadi kenaikan jumlah wisatawan ke Kaltara tepatnya di Tanjung Selor. Banyaknya rangkaian kegiatan mulai dari penampilan artis ibu kota hingga folk dari 24 etnis suku yang ada bumi benuanta menjadi salah satu faktor.

“Jika dilihat mayoritas pengunjung lebih banyak domestik dan Mancanegara (Malaysia) dengan presentasi 1,4 persen kenaikan selama dilakukan kegiatan benuanta fest,” ungkap Njau.

Adapun jumlah pengunjung diperkirakan setiap malamnya mencapai 20 hingga 30 ribu pengunjung yang datang di lapangan tersebut.

“Antusias masyarakat akan pesta rakyat Kaltara ini sangat tinggi pada tahun 2023. Walapun, secara bersamaan dibulan yang sama 4 Kabupaten Kota juga merayakan,” bebernya.

Adanya penampilan setiap etnis lanjut dia, membuktikan Kaltara memiliki keberagaman dan keunikan yang diyakininya mampu menarik wisatawan domestik dan mancanegara selain artis ibu kota.

Bahkan, dia juga berharap wisatawan yang berkunjung belanja produk lokal agar dapat meningkatkan ekonomi dari Usaha Mikro Menengah Kecil (UMKM) yang ada di Kaltara.

“Kita itu dorong supaya masyarakat atau wisatawan belanja produk lokal ,”pintanya.

UMKM  hingga budaya yang ada Kaltara bisa dikenal mulai dari dalam dan luar negeri. Pihaknya juga kerap mendata setiap saat mengenai hal kunjungan.(*/Lia)

Bagikan

Subscribe to Our Channel