Follow kami di google berita

Temukan Buaya 4,7 Meter, Labuan Cermin Sementara Ditutup

A-News.id, Berau — Seekor buaya berukuran 4,7 meter ditemukan berada di kawasan wisata danau dua rasa Kecamatan Biduk-biduk, Berau, Rabu (29/12/2021).

“Terkait adanya buaya di Labuan Cermin. Jadi sebelum Labuan Cermin dibuka, paginya ada dua kapal yang memang khusus mensterilkan di dalam, karenakan di sanakan alam terbuka. Kita tidak tau, malam atau sore saat pengunjung pulang. Saat dicek ada ternyata buaya di dalam. Kemudian melaporkan agar dapat menahan pengunjung masuk,” jelas Kapolsek Biduk-biduk AKP Herman saat diwawancarai, Rabu (29/12/2021).

Kemudian tim gabungan mengarahkan buaya keluar area wisata menggunakan bambu. Agar tidak kembali lagi, akhirnya petugas bersama masyarakat mengevakuasi ke tempat lain.

“Kita evakuasi sekitar 2 jam, menggunakan bambu untuk mengusir keluar dan kembali lagi. Kami takutkan, sudah keluar datang lagi,” jelas Herman.

“Koordinasi dengan BKSDA kalau bisa tangkap, tidak apa-apa, nanti kami datang menjemput. Kita bawa ke penangkaran,” tambahnya.

Setelah ditangkap menggunakan tali, mata buaya tersebut secara perlahan ditutup menggunakan terpal kemudian langsung diamankan ke daratan.

“Kami menunggu proses, BKSDA besok datang untuk di bawa ke Tanjung Redeb,” ujarnya.

Untuk mencegah peristiwa ini terjadi, Herman mengatakan telah melakukan koordinasi bersama pengelola wisata agar sama-sama membersihkan seperti semak-semak yang berada di areal wisata labuan cermin tersebut.

Meskipun buaya sudah diamankan, Labuan Cermin sementara akan ditutup agar dapat memastikan keamanan dan kenyamanan para pengunjung atau wisatawan yang datang.

“Besok kita tutup, dan Jumat kita buka,” tandasnya. (dit)

Bagikan

Subscribe to Our Channel