SELAIN LAKUKAN FUNGSI UTAMA, PMI JUGA TETAP MEN-SUPPORT TIM GUGUS TUGAS COVID-19 BERAU

ANEWS, Berau – PMI, salah satu dari unsur Tim Satgas Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Berau, terus melakukan kegiatan terkait pencegahan dan penanggulangan wabah covid-19 bersama unsur-unsur lainnya, seperti Dinas Kesehatan, BPBD, Sat Pol PP, TNI/Polri, dan Dishub.

Dan kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi dan kampanye penerapan kepatuhan melaksanakan protokol kesehatan kepada masyarakat, termasuk melakukan penyemprotan desinfektan dai tempat-tempat yang ada terpapar positif covid-19, Eta Setiawan, Kepala Markas PMI Berau menyampaikan, Kamis, 29/4/2021 saat ditemui di markas PMI Tanjung Redeb.

PMI juga menyiapkan beberapa personil dan sarana, seperti ambulance, alat penyemprot desinfektan dll, untuk melakukan dan men-support kegiatan Tim Gugus Tugas Covid-19.

“Jadi begini kalau PMI sendiri, inikan masuk dalam tim satgas covid-19 Kabupaten Berau karena memang masuk di salah satu unsurnya. Memang selama ini kalau yang untuk penyemprotan dan sosialisasi, kami melakukan itu,” jelas Eta.

Eta Setiawan, Kepala Markas PMI Berau

Tetapi, lanjut Dia, tidak semua pekerjaan dilakukan PMI, karena sudah ada pembagian tugas masing-masing unsur yang tercakup dalam Tim Gugus Tugas Covid-19 itu.

Menurutnya juga PMI bekerjasama dengan beberapa pihak atau relawan dalam rangka turut serta mendukung kegiatan penanggulangan covid-19, seperti dengan Gayam Rescue Team di Kelurahan Gayam.

“Cuma memang Kelurahan Gayam itukan punya relawan Gayam Rescue Team memang ada pernah berkerja sama dengan kami dalam penyemprotan, bahkan dari awal Covid-19 pun itu sudah menjadi tugas utama kami,” Imbuhnya.

Jadi tim satgas covid itu sampai sekaramg masih terus bergerak melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Seperti yang tadi malam kita turun ke masjid-masjid untuk memastikan prokes dijalankan di setiap masjid pas sholat Isya dan terawihnya,”pungkas Eta. (nov)

Bagikan