Follow kami di google berita

Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, Ditjen Hubla Kemenhub, Siapkan 10 KN Patroli dan 17 RIB Pengamanan Arus Mudik Tahun 2024 di 13 Provinsi Perairan Indonesia

A-News.id, (Jakarta) — Kementerian Perhubungan Cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Direktorat KPLP melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kls I Tanjung Priok Jakarta proaktif dalam memastikan keselamatan, kelancaran dan keamanan angkutan laut Lebaran tahun 2024 dengan mengerahkan 10 Kapal Negara Patroli (KPLP) dan 17 RIB reaksi cepat. Dalam rangka pengawasan dan pengamanan arus mudik di 13 Provinsi wilayah perairan Indonesia.

Personil PLP Tanjung Priok memulai sejak kegiatan Apel Kesiagaan Pembukaan Posko Penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran 1445 H/2024 di dermaga Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok tanggal 25 Maret 2024 lalu

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan, Subagiyo, yang dihadiri seluruh instansi terkait dan stakeholders pelabuhan Tanjung Priok. Penyelenggaraan pelayanan Posko Terpadu Mudik Lebaran 2024 akan berlangsung mulai tanggal 26 Maret 2024 hingga sampai tanggal 26 April 2024.

Pangkalan PLP kelas I Tanjung Priok guna memperkuat kesiapan pengawasan dan pengamanan angkutan laut Lebaran Tahun 2024 M (1445 H) melanjutkan Apel Gelar Pasukan unsur Kapal Patroli dan Sar di Dermaga Golden Key Bojonegara – Banten, Kamis, (28/3/2024) lalu.

Dr. Triono, Kepala Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok Dr.Triono, S.Pel, M.M., bertindak sebagai a Inspektur Apel dalam sambutannya menyampaikan bahwa operasi kali ini dilakukan dengan sistem penyebaran ke seluruh wilayah kerja Pangkalan PLP kelas I Tanjung Priok dengan mengoptimalkan koordinasi dengan UPT Hubla antara lain Kantor KSOP, Disnav, KUPP, Instansi lain serta stakeholder Lainnya.

Triono menuturkan operasi ini melibatkan unsur personil sebanyak 368, terdiri atas 175 staf darat dan 193 ABK, serta 40 personil untuk posko terpadu pelabuhan Tanjung Priok dan Muara Angke. Selain itu, 10 unit kapal negara dikerahkan termasuk Wilayah Perairan Teluk Jakarta, Banten, Lampung, Kalimantan selatan, Cirebon, Bangka Belitung dan Semarang Jawa Tengah dan saat ini juga kapal negara patroli P. 114 Alugara juga melaksanakan operasi bersama Bakamla di wilayah selat Makassar.

“Dengan kesiapan, kolaborasi dan koordinasi, Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Priok memastikan operasi pelayanan pengawasan keselamatan dan pengamanan angkutan laut lebaran tahun 2024 dapat tercapai secara maksimal. Sehingga masyarakat saat mudik dengan aman dan selamat ” Mudik Ceria Penuh Makna,” tutup Triono.(mimbat maritim).

Bagikan

Subscribe to Our Channel