Follow kami di google berita

KPU Berau Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Kabupaten, Ratusan Personel Polres Berau Dikerahkan

A-News.id, Tanjung Redeb — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten pada hari Sabtu (2/3) hingga Senin (4/3) di Kantor KPU Berau. Rapat pleno ini merupakan tahapan penting dalam proses penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan umum.

Penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Berau memasuki tahap akhir dengan digelarnya Rapat Pleno tingkat Kabupaten yang berlangsung selama tiga hari, mulai dari 2 hingga 4 Maret 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau, Budi Harianto, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian panjang tahapan pemilu yang telah dilaksanakan sejak 15 Juni 2021.

“Kami berada di titik akhir dari perjalanan panjang selama kurang lebih 20 bulan dalam menyelenggarakan tahapan pemilu, yang puncaknya pada 14 Februari 2024 lalu,” ujar Budi Harianto.

Ia menambahkan bahwa pelaksanaan pemilu di Kabupaten Berau dapat berlangsung dengan aman dan sukses berkat kerja sama semua pihak. Rapat Pleno ini dihadiri oleh perwakilan partai politik, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Berau. Kegiatan ini menandai proses akhir dari rekapitulasi suara yang telah dilakukan di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan PPK sebelumnya.

Budi Harianto menyampaikan harapannya agar proses pemilu, dari tingkat kabupaten hingga nasional, dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

“Keberhasilan penyelenggaraan pemilu ini adalah keberhasilan kita semua. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, termasuk TNI, Polri, stakeholder terkait, Bawaslu Berau, PPK, PPS, KPPS, Panwascam, insan media, dan semua unsur yang telah berkontribusi dalam menyukseskan pemilu ini,” tuturnya.

Rapat Pleno tingkat Kabupaten ini diharapkan dapat menuntaskan proses pemilu dengan transparan dan akuntabel, sesuai dengan prinsip demokrasi. Hasil dari rapat ini akan menjadi langkah penting dalam menetapkan wakil rakyat yang terpilih secara adil dan legitimasi yang kuat di mata masyarakat.

Sementara itu, Kapolres Berau AKBP Steyven Jonly Manopo melalui Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Berau, IPTU Suradi mengatakan, Polres Berau telah mengerahkan sebanyak 125 personel anggota kepolisian untuk menjaga ketertiban selama pelaksanaan pleno berlangsung.

“Untuk mengantisipasi jika ada keributan, kita kerahkan 125 personel untuk berjaga-jaga hingga Senin nanti,” ungkap Suradi. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel