Follow kami di google berita

DPRD Berau Hadiri Rapimnas ADKASI, Bahas Agenda Pemilu 2024

A-News.id, Tanjung Redeb – Dalam rangka menyamakan persepsi, serta pandangan menjelang Pemilu sert2024, anggota DPRD Kabupaten Berau mengikuti Rapimnas dan Workshop Nasional dengan tema : “Peran DPRD Kabupaten Dalam Menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Kegiatan yang diikuti DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia, dilaksanakan di Ball Room Hotel Borobudur Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si, dan dihadiri Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr. Ahmad Fatoni, M.Si, Ketua Umum Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) H. Lukman Said, S.Pd, Wakil Sekjen Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) Dr. H. Syamsu Rizal, SE, M.Si, Pengurus Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI).

Peserta dari DPRD Berau yang menghadiri Rapimnas serta Workshop Nasional tersebut yakni, Ketua DPRD Berau Madri Pani, Wakil Ketua I, Syarifatul Sya’diah, seluruh anggota DPRD Berau, Sekretaris DPRD Berau Abdurrahman U, dan Kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Puja Astinah.

Dalam arahannya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Dr. H. Suhajar Diantoro, menyampaikan dan menekankan bahwa diperlukan adanya sinergitas antara kepala daerah dan lembaga legislatif (DPRD). Dan harus selalu diutamakan peran serta fungsi lembaga DPRD dalam melaksanakan tugas dan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber dan diisi juga dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Sesi pertama dengan materi Arah Perubahan Peraturan Presiden Nomor 33 Tahun 2020 dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Kemudian dilanjutkan dengan materi terkait dengan Sosialisasi Pendanaan Pemilu dan Pilkada dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Ahmad Fatoni. Selanjutnya materi terkait dengan Persamaan Persepsi BPK RI Dalam Penganggaran Hak dan Keuangan Pimpinan dan Anggota DPRD dari Auditor Ahli Utama Wilayah 5 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Diva Mahendra.

Terakhir materi Sosialisasi Undang-Undang dan PKPU tentang Pemilu Serentak Tahun 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Selanjutnya setelah pelaksaan kegiatan diskusi panel, dilanjutkan dengan acara penandatanganan kesepakatan para pimpinan DPRD kabupaten seluruh Indonesia tentang Pemilu Damai dan Berintegritas.

Ketua DPRD Berau, Madri Pani, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi anggota DPRD sebagai wakil masyarakat dalam rangka mempersiapkan diri menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2024.

Seperti diketahui bersama bahwa beberapa bulan ke depan, tepatnya 14 Februari 2024, masyarakat dan Bangsa Indonesia akan dihadapkan agenda demokrasi dalam rangka memilih Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

“Sehingga kami sebagai wakil rakyat harus bisa memahami, mengetahui, serta mempersiapkan situasi dan kondisi yang ada. Terutama masalah keamanan, dan kondusifitas daerah menjelang Pemilu 2024,” jelasnya.

DPRD Berau, lanjutnya, sangat mengharapkan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 nantinya dapat dilaksanakan dengan damai, jujur, berintegritas, dan menolak tindakan-tindakan yang tidak terpuji, yang dapat mencederai demokrasi.
Seperti menyebar fitnah, menyebar ujaran kebencian, politik uang dan yang lain-lainnya.

“Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, dan bukan politik adu domba,” ujarnya

Menurut Madri Pani, agenda Rapimnas dan Workshop Nasional ini juga sebagai ajang saling bertukar pikiran, pengalaman, pendapat, dan sekaligus untuk dapat mempererat tali persaudaraan dan silaturrahmi sesama anggota DPRD Kabupaten dari seluruh Indonesia (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel