Follow kami di google berita

Dorong Pemindahan TPA Bujangga Lebih Cepat

A-News.id, Tanjung Redeb – Legislatif terus mendorong realisasi pemindahan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Bujangga yang terletak di Jalan Sultan Agung, Tanjung Redeb. Bahkan dewan mendorong pemindahan tidak menunggu waktu bertahun-tahun.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau, Madri Pani, bahkan menyoroti lamanya proses pemindahan TPA Bujangga. Sebab, pemindahan TPA direncanakan memerlukan waktu tiga tahun lagi, seiring pembangunan rumah sakit baru yang lokasinya tak jauh dari TPA Bujangga.

“Permasalahan pemindahan TPA belum kelar. Sementara pembangunan rumah sakit yang lokasinya tidak jauh dari TPA terus berproses,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Seharusnya kata Madri, pemindahan TPA dilakukan lebih cepat tanpa harus menunggu pembangunan rumah sakit. Sehingga ketika rumah sakit selesai, sudah tidak ada TPA di lokasi itu.

“Sekarang ini aja masyarakat sekitar TPA banyak yang mengeluh dengan aroma tak sedap dari TPA. Jadi harusnya sebisa mungkin pemindahan TPA segera dilaksanakan sebelum rumah sakit selesai dibangun,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, Mustakim Suharjana, mengatakan bahwa pemindahan TPA membutuhkan waktu tiga tahun. Saat ini kata dia, pihaknya tengah melakukan studi kelayakan (Feasibility Study/FS) TPA baru dan menyusun dokumen Daftar Perencanaan Pengadaan Tanah (TPPT).

“Target kita 3 tahun lagi. Tahun ini masih menyusun FS, kemudian pembangunan satu tahun, tahun ketiga kita pindah,” jelasnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel