Follow kami di google berita

Bupati Siapkan Ratusan Juta Untuk Daerah Rawan Pangan di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Dinas Pangan berkomitmen untuk memerangi kerawanan pangan di wilayahnya. Pada tahun 2024, Pemkab mengalokasikan anggaran ratusan juta rupiah untuk membantu daerah-daerah yang dikategorikan agak rentan rawan pangan.

Kepala Dinas Pangan Berau, Rakhmadi Pasarakan, menjelaskan bahwa terdapat 22 desa di 8 kecamatan yang berstatus agak rentan rawan pangan. Bantuan pangan ini akan disalurkan kepada 1.359 Kartu Keluarga (KK) di desa-desa tersebut.

“Total anggaran yang dialokasikan untuk bantuan pangan ini adalah Rp400 juta. Bantuan ini akan disalurkan dalam bentuk beras dan bahan makanan non-beras,” ujar Rakhmadi.

Lebih lanjut, Rakhmadi menjelaskan bahwa bantuan beras akan diberikan sebanyak 10 kilogram per KK. Sedangkan untuk bahan makanan non-beras, akan meliputi gula, telur, dan kebutuhan pokok lainnya.

“Penyaluran bantuan pangan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat di daerah-daerah yang agak rentan rawan pangan,” imbuhnya.

Selain bantuan pangan, Dinas Pangan Berau juga melakukan berbagai upaya lain untuk memerangi kerawanan pangan di wilayahnya. Upaya tersebut antara lain, pengembangan kawasan lumbung pangan, pemberian bantuan bibit dan pupuk, pelatihan dan penyuluhan melalu instansi terkait.

Diharapkan melalui berbagai upaya yang dilakukan oleh Pemkab Berau, kerawanan pangan di wilayahnya dapat diminimalisir. Masyarakat di daerah-daerah yang agak rentan rawan pangan dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap kebutuhan pangan yang bergizi dan seimbang. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel