Follow kami di google berita

BPBD Kaltim Turun Tangan Padamkan Kebakaran Di Lahan Seluas 1.5 Hektar

Anews.id, Samarinda – Kebakaran lahan kembali terjadi di Kota Samarinda pada hari Senin (4/9/2023).

Diketahui kebakaran lahan yang pada pukul 12.30 – 14.30 Wita terjadi di kawasan semak belukar tepatnya berada di Desa Betapus, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara.

Untuk menangani kebakaran tersebut, Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya turun tangan. Tak hanya sendiri, BPBD Kaltim turut dibantu BPBD Kota Samarinda, Disdamkar, TNI, Polri, serta relawan.

“Kebakaran ini terjadi di lahan seluas 1.5 hektar. Dan dekat sekali dengan lahan milik warga dan pemukiman,” Ungkap Kabid Kedaruratan Logistik BPBD Kaltim, Rudi Supriadi saat dihubungi melalui sambungan seluler. Senin (4/9/2023).

Rudi mengakui semenjak musim kemarau tahun 2023, hampir setiap hari kebakaran lahan ataupun hutan terjadi di kabupaten/kota yang berada di Provinsi Kaltim.

“Tapi saat ini daerah yang berstatus darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) adalah Penajam Paser Utara (PPU). Tapi kalau di Samarinda potensi terbesarnya hanya kebakaran lahan,” Ucapnya.

Kendati belum banyak terjadi, namun Rudi menambahkan pihaknya enggan berkomentar banyak apakah kebakaran lahan itu terjadi lantaran faktor kesengajaan atau bukan.

“Karena memang prinsip kami dimana ada musibah, BPBD segera akan menangani,” Pungkasnya.

 

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel