BPBD dan PMI Berau Salurkan Air Bersih ke Warga Terdampak Banjir

Anews, Teluk Bayur – Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama dengan Palang Merah Indonesia Berau menyalurkan pasokan air bersih ke kampung yang sebelumnya terdampak banjir, Rabu (19/5/2021).

Air tersebut ditampung ke dalam profil tank, dan sewaktu-waktu dapat langsung dimanfaatkan oleh warga setempat. Ada dua titik penyaluran, pertama di lakukan di wilayah Meraang di Jalan Nasding, Tumbit Melayu Kecamatan Teluk Bayur selanjutnya di Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung.

Kasi Kedaruratan BPBD Berau Askar mengatakan, penyaluran air bersih tersebut untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Dari pantauannya sebelumnya meski banjir sudah mulai surut, namun untuk pasokan air bersih masih minim didapatkan warga.

“Kemungkinan akan kita sampaikan ke pimpinan apa saja keluhan dari masayarakat, kebetulan kami datang kesini juga memonitor apa kebutuhan yang mendesak, Insya Allah kita realisasikan,” ujarnya saat diwawancarai di sela-sela kegiatan.

Saat ditanya penyaluran ke kampung lain yang terdampak, Askar memastikan tetap memikirkan hal tersebut.

“Kalau bisa semua kita sampaikan tergantung dari kebutuhan mereka (warga) apa yang bisa kita bantu sesuai dengan permintaan mereka kita sampaikan, tapi saat ini air bersih yang paling dibutuhkan masyarakat pasca banjir” ucap Askar.

“Kami juga tadi sempat koordinasi dengan tokoh masyarakat dan kepala kampung terkait keluhan-keluhan lain seperti kesehatan tapi sementara ini belum ada,” pungkasnya.

Salah seorang warga, Sumiatun mengaku, memang saat ini air bersih sangat diperlukan. Namun ia berharap adanya tambahan profil tank, sebab untuk mengambil air bersih yang sudah disediakan oleh BPBD dan PMI tersebut jaraknya cukup jauh untuk dijangkau warga di RT lain.

“Mesti ada satu profil tank lagi, di RT lain itu jadi kita dekat ambil air. Nah dari rumah saya kesini (titik pasokan air) jauh, itu aja sih harapannya perlu ada tambahan satu profil tank lagi,” ujarnya.

“Tapi Alhamdulillah saat ini bantuan berupa paket sembako saat ini lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau banjir yang merendam sejumlah kampung yang tersebar di empat kecamatan meliputi Kelay, Sambaliung, Segah dan Teluk Bayur perlahan mulai surut, Rabu (19/5/2021).

Di lokasi nampak aktivitas warga sudah mulai membersihkan areal rumah dari lumpur pasca banjir yang terjadi hampir sepekan sejak lebaran hari kedua, Kamis (13/5/2021), walaupun sebagian titik masih ada yang tergenang namun tidak begitu parah.(myk)

Bagikan