Follow kami di google berita

BERANTAS TAMBANG ILEGAL, DPRD SAMARINDA MINTA PEMKOT HARUS AKTIF

ANews, Samarinda – DPRD Samarinda meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda agar aktif melakukan pengawasan terhadap eksploitasi tambang tanpa izin atau ilegal.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi 1 DPRD Samarinda Elnathan Pasambe. Ia mengatakan meskipun perizinan sudah beralih ke pusat namun selaku pemilik daerah Pemkot Samarinda harus melakukan pengawasan secara berkala.

“Setidaknya ada pengecekan berkas perizinan secara berkala di setiap perusahaan atau orang-orang yang menambang di lahan tertentu,” ungkapnya saat ditemui di gedung DPRD Samarinda. Sabtu 3 Maret 2021.

Lanjutnya, Elnathan menuturkan penyebab banjir adalah eksploitasi lahan dengan cara menambang tanpa izin, sehingga banjir di Samarinda tidak kunjung usai.

“Dinas terkait harus berperan aktif, bagaimana mungkin Kementerian ESDM tau ada aktivitas tambang ilegal di Samarinda tanpa ada laporan dari pihak pemerintah setempat untuk ditindaklanjuti secara hukum,” jelasnya.

Dia berharap, Pemkot Samarinda terus melakukan patroli bersama pihak penegak hukum untuk memberantas tambang ilegal yang kerap meresahkan warga hingga dapat merusak lingkungan tanpa memikirkan dampak yang terjadi, menambang secara sepihak dan mencari keuntungan untuk golongan tertentu tanpa memikirkan dampak dari kerusakan alam tersebut. (Ris)

Bagikan

Subscribe to Our Channel