Follow kami di google berita

Anggaran Dana Desa di Berau 2023 Naik Rp90,74 miliar

A-News.id, Tanjung Redeb — Anggaran dana desa (DD) di Kalimantan Timur mengalami kenaikan sebesar 2,18 persen untuk tahun 2023. Dikutip dari antaranews.com, anggaran ini nantinya akan diserahkan ke 841 desa di Kaltim. Sebelumnya di tahun 2022 total anggaran dana desa yang diterima Kaltim hanya sebesar Rp760,29 miliar dengan jumlah desa yang sama.

Naiknya dana desa di Kaltim berdampak juga pada anggaran dana desa yang diterima Kabupaten Berau yakni sebesar Rp90,74 miliar yang sebelumnya hanya sekitar Rp87,83 miliar untuk 100 desa.

“Ada kenaikan sekitar Rp 2 miliar lebih,” ujar Kepala Bidang Pemerintahan dan Kampung Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Berau, Sudirman.

Dikatakannya, ditahun 2020 hingga 2022, dana desa difokuskan untuk penanggulangan COVID-19, namun pada 2023 akan difokuskan untuk pemulihan ekonomi, bantuan langsung tunai (BLT) bagi keluarga miskin dan ketahanan pangan serta hewani.

Selain untuk pemulihan ekonomi, DD tahun depan juga untuk peningkatan sumber daya manusia dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, namun tetap memperhatikan permasalahan yang masih mengemuka di masing-masing kampung berdasarkan hasil musyawarah kampung yang telah disepakati dalam RKP Kampung.

Sudirman menambahkan, pembagian dana desa oleh Kemenkeu dilakukan sesuai dengan peraturan menteri keuangan (Permenkeu) no 201 tahun 2022, diantaranya yakni, alokasi dasar dibagi berdasarkan pada jumlah penduduk tiap desa yang dibagi dalam 7 kluster. Kemudian, alokasi formula berdasarkan jumlah penduduk miskin, luas desa, serta indeks kesulitan geografis.

“Lalu, alokasi afirmasi bagi kampung yang sangat tertinggal, serta alokasi kinerja bagi 16 kampung yang berkinerja baik yang telahditentukan Kemenkeu,” ungkapnya.

“Walau kenaikannya tidak cukup besar setidaknya ini diharapkan n mampu memberikan dampak baik untuk kampung khususnya untuk pemulihan ekonomi,” tandasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel