Follow kami di google berita

AKIBAT TERTIMBUN LUMPUR LIMA PENAMBANG EMAS TEWAS DI BULUNGAN

Korban tewas (ilustrasi) Foto: Rakhmawaty La'lang

ANEWS, Bulungan – Akibat tertimbun lumpur dan air di dalam lobang tambang di blok Nipah-Nipah Desa Sekatak Buji Kecamatan Sekatak, Bulungan, sebanyak lima penambang emas tanpa izin (peti) atau ilegal tewas. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (18/10) sekitar pukul 17.00 Wita.

“Kejadiannya pada hari Minggu, lima orang penambang sudah diberitahu oleh temannya, agar segera keluar dari lobang tambang karena kondisi air akan pasang, namun lima orang tersebut tidak menghiraukan,” kata Kepala Bidang Humas Polda Kalimantan Utara AKBP Budi Rachmat, Selasa (20/10).

Ada bekas lobang yang sudah lama ditinggalkan kemasukan air saat pasang. Air pasang itu merembes ke lobang dimana kelima orang korban tersebut berada. Kemudian air masuk dan membawa lumpur menimbun kelima korban.

Kondisi itu mengakibatkan kelima korban kesulitan keluar karena licin dan lobang terisi air. “Rekan-rekan korban mengetahui kejadian ini pada pukul 20.00 Wita, kondisi lobang sudah penuh air dan lumpur,” kata Budi.

Pada Senin, (19/10) pukul 09.00 Wita anggota Polsek Sekatak bersama warga masyarakat berangkat ke tempat kejadian perkara untuk membantu mengevakuasi korban.

“Dengan menggunakan bantuan alat berat dan alat penyedot air, sekitar pukul 12.30 Wita telah dievakuasi satu orang korban dari lobang tambang,” kata Budi.

Salah satu korban atas nama Arfa jenis kelamin laki-laki, lahir di Palopo pada 21 Maret 1997, alamat Desa Bantilang RT 006 Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Sulsel.  Saat ini, korban masih disemayamkan di pondok tambang illegal.

Saat ini proses pencarian dan evakuasi masih berlangsung terhadap empat korban lainnya. Lobang tempat mereka tertimbun memiliki kedalaman sekitar 25 meter. (jul/ana)

Bagikan

Subscribe to Our Channel