Follow kami di google berita

BUPATI TARGETKAN PERCEPATAN ODF 60% MENUJU BERAU SEHAT 

ANEWS, Berau – Pemerintah Kabupaten Berau bersama camat yang berada di setiap kecamatan menggelar acara Rapat Koordinasi Percepatan 60% Open Defecation Free (ODF) Menuju Berau Sehat di Ruang Kakaban pada Rabu (7/4/2021), yang dihadiri Bupati Berau Sri Juniarsih.

Program ODF adalah salah satu kebijakan kesehatan lingkungan masyarakat yang mengarahkan pada pemicuan tentang menyadarkan masyarakat seperti bahaya buang air besar di sembarang tempat dan swadaya masyarakat membangun jamban sehat agar lebih fokus dan efektif. ODF juga berupaya untuk mendekatkan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, mensiagakan masyarakat agar lebih peka terhadap kesehatan lingkungan di sekitarnya, melalui pendidikan di dalam pemicuan program, serta mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Bupati Berau Sri Juniarsih

Open Defecation Free (ODF) atau Bebas dari Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Verifikasi ODF adalah proses memastikan status ODF suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Berau Sri Juniarsih mengungkapkan, saat ini agak kesulitan karena ada berbagai kendala dan hambatan yang ada di lapangan.

“Target 60% dari yang kita inginkan itu separuhunya belum sampai, oleh karena itu saya meminta kepada bapak-bapak camat untuk kembali menekankan kepada para kepala kampung untuk menyegerakan percepatan ODF ini paling lambat tanggal 25 April 2021,” tegasnya.

Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku, perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Perubahan ini dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola hidup sehat.

“Memang ada beberapa kampung yang sudah siap di bulan April untuk mensegerakan melaksanakan program tersebut, tetapi ada juga kampung yang merasa keberatan dengan hal tersebut, ” jelas Bupati Berau dalam sambutannya.

Mungkin kalau untuk mengejar kategori 60% itu belum memungkinkan.

Sri Juniarsih berharap agar 60% ini menjadi target maksimal yang harus mereka lakukanl, dan untuk kampung yang lain, lebih baik lagi kalau bisa melewati 60% tersebut

Rapat ODF ini juga dihadiri para pegiat dan pemerhati kebersihan lingkungan, dalam mewujudkan komunitas dan masyarakat serta kampung ODF di Kabupaten Berau. (jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel