Follow kami di google berita

Varian Baru Virus Corona ‘Omicron’, Kadinkes : Apapun Jenis Virusnya, Prokes tetap nomor Satu

A-News.id, Berau – Varian baru virus corona B.1.1.529 atau varian omicron diketahui telah menyebar di beberapa Negara. Namun, walau belum masuk ke Indonesia, tentu pemerintah pusat khususnya pemerintah daerah Kabupaten Berau harus waspada.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan penyakit yang berbasis virus, mutasinya bisa dibilang tidak dapat dihindari dan pasti akan terus muncul, karena virus merupakan suatu sel yang mudah sekali mengalami terjadinya perubahan-perubahan.

“Mangkanya penyakit yang menyangkut dengan virus itu sulit untuk dilakukan pengobatan, karena tidak jelas. Sedangkan bakteri tetap, dan mudah diobati,” jelasnya saat diwawancarai, Selasa (30/11).

Iswahyudi menambahkan untuk menangkal segala virus jenis apapun caranya sama yaitu dengan protokol kesehatan, serta  melakukan penyekatan daerah-daerah yang memang sering didatangi oleh pendatang dari luar daerah. Misalnya WNA dari Afrika, jika masuk ke Indonesia tentu harus melakukan karantina dan juga harus memperketat pengawasan.

“Harus screening karantina itu dulu harus dikuatin, jadi kalau di Jakarta sudah kuat, maka tidak akan menyebar ke yang lain, dari segi inikan masyarakat tidak boleh lengah. Artinya kita harus lakukan prokes,vaksinasi jadi walaupun lengah kita tetap bisa bertahan lebih baik, jadi apapun namanya sama saja,” tambahnya.

Iswahyudi juga menghimbau warga masyarakat Berau harus tetap waspada, karena akan ada momen tahun baru yang jelas sebuah acara kumpul-kumpul.

“Katanya umicron ini mudah menurlar, ini yang ditakutkan. Secara pribadi sebenarnya sederhana, kalau masyarakat sadar akan kesehatan pribadi maka pemerintah tidak usah capek-capek, artinya kita selalu pakai masker, selalu jaga jarak, masalahnya masyarakat tidak semua seperti itu. Makanya  butuh pemaksaan untuk memakai masker,” tutupnya. (dit)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel