Pisah Sambut Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian Harap Capaian Penghargaan Dapat Dipertahankan

A-News.id, Tanjung Redeb — Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb berganti kepemipinan. Pergantian ini ditandai dengan acara pisah sambut yang dilaksanakan di Hotel Bumi Segah, Selasa (24/1/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Forkopimda Berau, Tokoh Masyarakat dan adat, serta rekan kerja pelabuhan dan tamu undangan lainnya yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Eks. Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengatakan, pergantian pemimpin merupakan suatu yang lumrah dalam suatu lembaga. Seiring kebutuhan organisasi, mutasi dan rotasi perlu dilakukan demi meningkatkan integritas pelayanan salah satunya dengan bekerja dengan hati.

Dikatakannya, hari ini merupakan hari yang berat baginya, karena perjumpaan kali ini menjadi perjumpaan terakhir sebagai mitra dan rekan kerja, terhitung mulai Rabu (25/1/2023) dirinya akan bekerja di tempat yang baru yaitu di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Gresik.

“Sesuai dengan amanah yang teah diberikan oleh Bapak Budi Karya Sumadi yaitu Menteri Perhubungan RI dengan nomor SK 114 Tahun 2023 tangal 12 Januari 2023,” katanya.

Dirinya juga bertitip pesan kepada pemimpin selanjutnya yaitu Capt. Marsri Tulak bahwa selama dirinya bertugas telah melaksanakan tugas bersama jajaran salah satunya menjadikan Legalitas Perijinan TUKS, Tersus dan Pemanfaatan Garis Pantai. Kemudian teah mengoptimalkan penggunaan lapangan penumpukan dengan melakukan kerasama dengan BUP PT Mitra Samudera Kreasi dan PT PASN sesuai dengan aturan di Kemenkeu dan Kemenhub.

KUPP Kelas II Tanjung Redeb juga telah meraih piaham pengharagaan satuan kerja dengan realisasi anggaran tertinggi periode tahun anggaran 2021 dari Kementrian Keuangan melalui Kantor KPP Tanjung Redeb. KUPP juga mendapatkan piagam penghargaan satuan kerja dengan nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran terbaik sampai dengan Bulan November tahun anggaran 2023 di lingkup KPPN Tanjung Redeb.

Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb juga mendapatkan pengharagaan terbaik I atas pengelolaan dan penatausahaan PNBP terbaikdaro Dirjen Hubla-Kemenhub pada kategori Rp50 miliar s/d 100 miliar pada tanggal 5 januari 2023. Selain itu, juga telah melakukan adendum perjanjian sewa antara KUPP Kelas II Tanjung Redeb dengan PT Mitra Samudera kresasi pada tanggal 13 Januari 2023.

“Hal itu tidak terlepas dari sinergitas serta dukungan kerjasama dari pihak Kantor Kementerian/Lembaga/Instansi terkait serta para pegawai Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb yang telah berupaya meningkatkan integritas pleyanan dan bekerja dengan hati.

Dirinya juga menyampaikan beberapa arahan dari Menteri Perhubungan pada hari kamis tanggal 09 Januari 2023 bahwa tetap mendukung pelayanan secara baik dan penggunaan anggaran dengan baik, keamanan dan keselamatan menjadi prirotias tanggung jawab bersama, melakukan perawatan fasilitas kantor, pelayanan SDM demi kemajuan makro dan mikro konsistensi eksistensi yang unggul dan harus dibarengi dengan SDM yang unggul.

“Pemimpin dapat memanajemen dengan baik dan berinovasi dan memiliki semangat untuk SDM dalam kotnrol loyalitas dan kolaborasi pelayanan serta kselamatan,” bebernya.

Ditambahkannnya, penerimaan PNBP juga harus terkontrol dengan baik, melaksanakan sistem pelayanan yang diterapkan utnuk menjadi Guediance contohnya SIMLALA, E-Blanko sehingga proses perijinan dapat lebih mudah, menerapkan kegiatan menjadi semkain mudah murah dan cepat. Agar semua terkoneksi perlu ada peningkatakn pelayanan dalam kesatuan tugas yang efektif dan efisien.

“Mendorong pengetahuan SDM yang ada dilingkungan Kemenhub melalui diklat dan pelatihan,” tuturnya.

Ditengah pecapaian kinerja masih banyak yang harus dibenahi, tantangan ini tidak akan dapat dihadapi tanpa tim yang solid salah satunya dengan pemangku kepentingan pada sektor transportasi,”Oleh karena itu ibarat pepatah sebatang lidi akan mudah dipatahkan, tapi segenggam lidi akan sulit diruntuhkan,” ujarnya.

“Semoga tuhan mempertemukan kita kembali pada kesempatan lain waktu, saya juga meminta maaf apabila ada kesalahan selama kita bekerja dan berinterakhir baik lisan dan perbuatan,” tukasnya.

Selaku Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb yang baru, Capt. Marsri Tulak menyampaikan dalam sambutannya, dikatakannya hari ini merupakan hari perkenalan terhadap mitra yang hadir dalam kegiatan tersebut. Dirinya juga mengatakan, akan mempertahankan segala capaian yang saat ini telah dicapai KUPP Kelas II Tanjung Redeb saat dijabat oleh Hotman Siagian.

“Kita doakan semua lancar, kemudian kita akan selalu terbuka untuk koordinasi, Sabtu-Minggu pun tidak masalah, kami selalu siap,” ungkapnya.

Dirinya akan mencontoh sistem kerja yang dilakukan pemimpin sebelumnya yaitu dengan bekerja dengan kelembutan, sehingga dapat mencapai tujuan dalam memimpin suatu intansi yang membuahkan hasil yang indah.

“Saya minta dukungan dan doa, saya juga ucapkan pak Hotman selamat bekerja di tempat yang baru,” pungkasnya.

Sementara itu, selaku mitra kerja KUPP Kelas II Tanjung Redeb sekaligus Ketua Berau Marine Family, Anugrah Mawan (Ahong) juga menyampaikan kesan dan pesan terhadap Hotman Siagian. Dirinya mengapresiasi atas kinerja Hotman Siagian yang telah memberikan arahan serta bimbingan terkait pengembangan pelabuhan.

“Kita bisa lihat perubahannya, arus logistik telah sangat berjalan lancar, tumbuhnya perijinan TERSUS dan TUKS serta adanya pelayanan publik SEHATI yang tentu dapat mempermudah perijinan sistem elektronik,” ujarnya.

Dengan terobosan yang sangat bermanfaat, Hotman juga telah memberikan pengalaman bermanfaat pada mitra kerjanya selama ini. Dirinya juga mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru.

“Atas masyarakat Berau dan Pelabuhan khususnya, kami harap capaian yang selama ini tetap dipertahankan oleh Kepala UPP Kelas II Tanjung Redeb yang baru, kami juga mewakili Berau Marine Family akan selalu komitmen serta sinergi kepada KUPP Tanjung Redeb yang tentunya para pemimpin yang ada saat ini memiliki track record yang luar biasa,” tandasnya. (yf)

Bagikan