Masyarakat Gunung Tabur Tuntut CSR Kepada PT. Berau Coal

A-News.id, Berau —  Hearing masyarakat kelurahan Gunung Tabur dengan PT Berau Coal dengan tuntutan meminta tanggung jawaban sosial perusahaan atau CSR di wilayah Gunung Tabur. hearing tersebut dilaksanakan di landmark Gunung Tabur tepatnya depan museum, Sabtu (08/01/2022).

Lurah Gunung Tabur Lutfi Hidayat dalam penyampaiannya mengatakan, pemerintah kelurahan sekaligus masyarakat kelurahan Gunung Tabur menyatakan rasa kecewa terhadap perusahaan, karena telah mengelola sumber daya alam namun tidak melaksanakan kewajibannya dengan sungguh-sungguh.

“Warga  kelurahan Gunung Tabur bukan pengemis, kami berhak menuntut kewajiban perusahaan untuk mewujud nyatakan sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan sesuai pada Bab V pasal 74 UU Nomer 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UPPT),” ungkapnya.

Adapun tuntutan yang dimaksud lurah Gunung Tabur yaitu PT Beraucoal maupun pihak CSR nya untuk mengadakan Solar Cell untuk di RT 14 Gunung Tabur, karena listrik PLN belum tersedia sampai sekarang.

“Hal tersebut belum terlaksana oleh pihak PT.Berau Coal,” ucapnya.

Lalu, menuntut agar dapat membangun jamban atau toilet sebanyak 50 unit, kesempatan kerja atau magang, program ekonomi masyarakat khususnya PKL, pelaku UMKM industri rumah tangga, serta pelatihan untuk skill kewirausahaan.

“Pihak perusahaan semoga segera merealisasikan usulan kami tersebut tahun ini 2022,” tandasnya.

Selain itu, adapun tanggapan dari perwakilan PT Berau Coal, Bahransyah, dikatakannya, PT Berau Coal telah berkoordinasi dengan subkontraktor tentang usulan bantuan perayaan HUT kelurahan pada tanggal 10 Desember 2021.

“Tuntutan yang telah disampaikan akan segera kami teruskan ke internal PT Berau Coal, tentu kami selaku PT Berau Coal juga ada program untuk pemberdayaan masyarakat dan kami juga akan berkoordinasi dan bersinergi dengan subkontrak kami dalam merealisasikan program tersebut secepatnya,” ujarnya.

Dan pihak Berau Coal juga berharap akan koordinasi kedepan semakin kuat. (dit)

Bagikan