Follow kami di google berita

Lurah Gunung Tabur Soroti Minimnya Bantuan CSR PT Berau Coal : 2 Tahun Hanya Satu

A-News.id, Tanjung Redeb — Mininmnya bantuan dari program Corporate Social Responcibility (CSR) PT Berau Coal untuk masyarakat Gunung Tabur  menjadi sorotan. Lurah Gunung Tabur, Achmad Rizhali mengatakan, minimnya bantuan CSR PT Berau Coal yakni pada program yang bergerak di bidang infrastuktur.

Dari informasi yang ia terima dari lurah sebelumnya, pada 2022 hingga 2023 bantuan program infrastuktur oleh CSR PT Berau Coal hanya ada satu, yaitu program CSR pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) senilai Rp290 juta di RT 14 Kelurahan Gunung Tabur. Bahkan serah terima jalan ini kepada pemerintah juga sempat terhambat karena pembangunan dianggap tidak sesuai dengan perencanaan awal.

“Jalan usaha tani ini pun merupakan program usulan 2022 baru dikerjakan di tahun 2023,” ujarnya.

Walau demikian, lanjut Rizhal meminta jika ada kegiatan pembahasan CSR ini harus melibatkan pemerintah dan warga, agar nantinya program yang diberikan oleh PT Berau Coal bermanfaat sesuai harapan masyarakat.

“CSR tahun 2023 ini saya lihat itu tidak ada. Kalaupun ada, koordinasilah dengan kelurahan. Kami ini penting terbuka saja. Artinya, jangan sampai, program CSR kedepan itu seperti program JUT,” ujarnya saat meninjau JUT di RT 14, Gunung Tabur belum lama ini.

Dirinya yang telah resmi menjabat Lurah Gunung Tabur ini meminta, agar program CSR dapat dilakukan berdasarkan apa yang diprioritaskan pemerintahan kelurahan. Hal ini dilakukan agar program yang diberikan oleh perusahaan dapat lebih menyentuh masyarakat.

Menurutnya, masih banyak yang bisa dilakukan perusahaan terbesar di Berau tersebut untuk mendukung peningkatan pelayanan dasar warga maupun membantu pemerintah. Namun ini perlu dikoordinasikan dengan baik.

“Jadi kedepan, koordinasilah ke kelurahan dulu baru ke kecamatan. Kami membuka diri, karena ini warga Kelurahan Gunung Tabur. Jangan merasa dekat dengan kecamatan lalu kelurahan dilangkahi,” tegasnya.

Sementara itu, perwakilan CSR PT Berau Coal, Jaliman membenarkan bahwa program JUT adalah usulan tahun 2022, yang baru dikerjakan 2023. Ia juga tidak membantah jika dua tahun terakhir program infrastruktur dari PT Berau Coal di Kelurahan Gunung Tabur hanya satu. Namun, ini terjadi bukan hanya di Gunung Tabur, namun juga kampung atau kelurahan lingkar tambang lain.

“Jadi ini tidak hanya di Gunung Tabur saja. Tapi untuk 2024, nanti kita koordinasikan lagi dengan pemerintah kelurahan,” pungkasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel