Follow kami di google berita

Dewan Kaltim Yakin Galeri UMKM Dapat Tingkatkan Usaha Rakyat

(Foto: Anggota komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono/Ist)
(Foto: Anggota komisi II DPRD Kaltim, Sapto Setyo Pramono/Ist)

Anews.id, Samarinda – Melalui kehadiran Galeri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sapto Setyo Pramono berharap dapat mendukung terhadap pengembangan sektor usaha rakyat berskala mikro dan kecil.

“Keberadaan Galeri UMKM Kaltim menjadi sarana bagi Pemerintah Provinsi untuk mendorong pengembangan program-program yang berkaitan dengan pemberdayaan usaha rakyat,” ucap Sapto, Senin (6/3/2023).

Sapto menuturkan, setidaknya telah terbangun gedung Galeri UMKM di Jalan Marsma R Iswahyudi, Kelurahan Sepinggan Raya, Kecamatan Balikpapan Selatan sebagai wadah l pengembangan UMKM kabupaten dan kota se-Kaltim.

Galeri UMKM nanti menjadi pusat tempat pameran UMKM yang ada di Kaltim. Diharapkan nantinya Galeri UMKM dapat menjadi sarana memperkenalkan atau promosi produk bagi pelaku UMKM yang ada di Kaltim..

“Anggap aja mulai tahun ini kita lakukan pemetaan terhadap UMKM, sebagai langkah awal yang bisa dilakukan, misal kita punya UMKM yang bergerak dibidang kerupuk, nanti cari temannya seperti penjual bakso, jadi harus terintegrasi,” ungkapnya.

Lanjutnya, yang tak kalah pentingnya adalah mendaftarkan hak kekayaan intelektual produk UMKM atau dapat diartikan sebagai perlindungan terhadap karya-karya yang timbul karena adanya kemampuan intelektualitas manusia dalam bidang seni, sastra, ilmu pengetahuan, estetika, dan teknologi.

“Karya-karya itu juga harus dipatenkan, supaya menghindari klaim dari pihak lain atas karya yang kita miliki, apalagi sekarang kita punya yang namanya batik khas Kaltim dan kain Samarinda, ini jadi salah satu potensi UMKM kita,” pungkasnya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel