Follow kami di google berita

Kondisi Perairan Kaltara Berisiko Tinggi

A-News.id, TARAKAN- Kondisi cuaca perairan di sekitaran Bumi Paguntaka saat ini memiliki risiko tinggi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tarakan, Muhammad Sulam Khilmi pada Minggu, (18/2).

Pria yang akrab disapa Khilmi ini menjelaskan bahwa pada dasarnya perairan di Kalimantan Utara saat ini memiliiki arah angin utara-timur 2 hingga 20 knots dengan tinggi gelombang 0,5 hingga 2,50 meter.

Sementara pada perairan Sulawesi bagian barat yakni pada arah angin timur laut hingga tenggara memiliki angka 8 hingga 20 knots, dengan tinggi gelombang 1,25 hingga 2,50 meter.

Berdasarkan informasi cuaca tersebut, lanjut Khilmi para nelayan maupun pengguna transportasi laut diharapkan memperhatikan keselamatan pelayaran. Sehingga dalam hal ini, Khilmi menerangkan bahwa setiap kapal nelayan saat ini harus memiliki kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter.

 

“Kalau kapal tongkang itu kecepatan anginnya lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1,5 meter,” jelasnya.

Sementara untuk kapal ferry memiliki kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2,5 meter. Namun khusus kapal yang berukuran besar seperti kapal kargo maupun kapal pesiar, memiliki kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 4,0 meter. (bro)

Bagikan

Subscribe to Our Channel