Follow kami di google berita

Retribusi Pasar SAD Rendah, Komisi II DPRD Berau Dukung Pemasangan Portal Elektrik

A-News.id, Tanjung Redeb – Nilai retribusi pada Pasar Sanggam Adji Dilayas, Teluk Bayur belum terserap secara maksimal. Diduga hal tersebut lantaran masih banyaknya pengendara yang acuh untuk membayar karcis parkir, sementara di sisi lain portal untuk pengendara keluar-masuk pasar dalam keadaan rusak, Kamis (17/11/2022).

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Berau, Andi Amir Hamzah mendukung apabila di kawasan pasar dipasang portal elektrik sebagaimana sebelumnya menjadi keinginan dari pengelola pasar. Sehingga nilai retribusi yang ada di pasar menjadi meningkat.

Terlebih, jika portal elektrik tersebut sudah terpasang menurut politisi partai golkar itu pemantauan terhadap kendaraan yang keluar-masuk bisa lebih terkendali sehingga pengelola pasar tidak lagi kecolongan.

“Memang portal elektrik salah satu opsi untuk kembali meningkatkan PAD. Kita bisa lihat di rumah sakit menerapkan portal elektrik itu tentunya penarikan retribusi akan lebih optimal lagi,” katanya.

Namun untuk rencana pemasangan ini, ia menyatakan belum sepenuhnya mengetahui. Untuk itu ia selaku ketua komisi yang membidangi perekonomian, perlu memanggil Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau untuk membahas hal itu lebih lanjut.

Lanjut Andi, ia sangat mendukung terkait rencana pembangunan portal elektrik. Karena cukup bermanfaat untuk penarikan retribusi yang lebih teratur dan maksimal.

“Akan kita koordinasikan dengan Kepala Diskoperindag, kita panggil. Karena ini belum penetapan APBD Murni 2023, semoga bisa masuk dalam perencanaan,” tandasnya.

Ditanya mengenai ini, Kepala Diskoperindag Berau Salim menyatakan, pihaknya sudah memasukkan rencana penggantian portal di pasar tradisional tersebut di tahun anggaran 2023. Rencananya, portal akan dipasang tiga unit.

“Sudah coba kita anggarkan untuk tahun depan, supaya arus keluar-masuk kendaraan bisa lebih tertib dan meningkatkan pendapatan retribusi,” katanya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel