Follow kami di google berita

Perbanyak Pelatihan Berkompetensi Sesuai Kebutuhan Lapangan Kerja

A-News.id, Tanjung Redeb — Upaya mengurangi angka pengangguran memang sedang gencar dilakukan Pemkab Berau. Mulai dari job fair hingga pelatihan juga terus digelar untuk menekan angka pengangguran itu.

“Kalau mau mengurangi itu maka frekuensi pelatihannya harus diperbanyak, jangan hanya setahun 1-2 kali. Dan terpenting, pelatihannya juga disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja yang ada,” ucap Ketua DPRD Berau Madri Pani.

Pentingnya pelatihan sesuai kebutuhan lapangan kerja ini, nantinya otomatis akan mengurangi angka pengangguran. Kenapa? Karena saat selesai melakukan pelatihan, mereka bisa langsung bekerja sesuai bidang yang dibutuhkan.

Selain itu, Pemkab juga diminta untuk meningkatkan pembinaan terhadap lembaga pelatihan swasta yang berkontribusi nyata dan mempermudah perizinan lembaga pelatihan swasta.

“Jika perlu bisa dilakukan pelatihan bersertifikat baik tingkat nasional maupun internasional. Dan ini akan berdampak positif dalam menyambut Bumi Batiwakkal sebagai salah satu kabupaten yang menjadi mitra IKN,” harapnya.

Ia pun mendorong semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan job fair atau bursa kerja, serta pemberian konsultasi gratis dan terprogram kepada UMKM terkait produktivitas tenaga kerja.(yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel