Follow kami di google berita

Paripurna Agenda Penyampaian Tak Perlu Penuhi Syarat Kuorum

Paripurna Agenda Penyampaian Tak Perlu Penuhi Syarat Kuorum
Paripurna Agenda Penyampaian Tak Perlu Penuhi Syarat Kuorum

A-News.id, Tanjung Redeb — Ketua DPRD Berau Madri Pani menyebut jika agenda paripurna yang dilaksanakan pada Senin (24/6/2024) kemarin bukanlah penundaan. Bahkan, karena bersifat penyampaian dari Kepala Daerah saja, maka tidak perlu memenuhi syarat kuorum jumlah anggota DPRD yang hadir.

“Ini bukan penetapan, hanya penyampaian saja. Walaupun cuma beberapa orang anggota dewan yang hadir, maka paripurna tetap bisa dilanjutkan,” ungkap Madri Pani.

Sejatinya, paripurna yang digelar akan melaksanakan beberapa agenda yaitu penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) Berau Tahun 2025-2045, pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023, dan penyampaian pendapat akhir Fraksi DPRD Berau terhadap tiga Raperda.

“Ketidakhadiran beberapa anggota DPRD dalam rapat paripurna ini tidak mempengaruhi penyampaian yang dilakukan. Kecuali dari pihak Pemkab yang tidak hadir, maka paripurna akan tertunda,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakannya, penyampaian yang dilakukan hanya mewajibkan kehadiran eksekutif dan legislatif, meski tidak memenuhi kuorum yang ditetapkan. Berbeda ketika agenda tersebut merupakan penetapan, yang mewajibkan kehadiran anggota legislatif minimal 21 orang.

“Jadi bukan ditunda, semua berjalan seperti biasa, kecuali nanti agenda penetapan baru wajib hadir memenuhi kuorum. Usai penyampaian itu, kami akan segera tindaklanjuti beberapa Raperda yang harus diselesaikan,” tutupnya. (yf.adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel