Follow kami di google berita

PA Berau Gelar Sidang Istbat Nikah Massal di Batu Putih

PA Berau Gelar Sidang Istbar Nikah Massal di Batu Putih
PA Berau Gelar Sidang Istbar Nikah Massal di Batu Putih

A-News.id, Batu Putih – Pengadilan Agama (PA) Tanjung Redeb menggelar sidang terpadu di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kamis (27/7). Sidang ini mengesahkan pernikahan 21 pasangan dari Kampung Balikukup yang belum tercatat secara resmi.

Hakim Pengadilan Agama (PA) Berau, Dhimas Adhi Sulistyo mengatakan, sidang itsbat nikah ini terselenggara atas kerja sama PA Tanjung Redeb, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau, dan Kementerian Agama Kabupaten Berau. Acara berlangsung di Pendopo Kecamatan Batu Putih dan dihadiri oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Batu Putih beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam).

“Sidang terpadu ini merupakan upaya negara untuk memberikan kepastian hukum bagi pasangan yang telah menikah secara agama, namun belum tercatat secara resmi,” ujarnya.

“Dengan pengesahan ini, mereka akan mendapatkan akta nikah yang sah dan tercatat di negara,” lanjutnya.

Proses itsbat nikah ini berlangsung gratis bagi seluruh pemohon. Biaya perkara yang seharusnya ditanggung pemohon, pada kesempatan ini dibebankan kepada negara. Hal ini menjadi angin segar bagi warga Balikukup yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya sidang terpadu ini. Kami tidak perlu lagi khawatir tentang status pernikahan kami,” ucap salah seorang warga yang baru saja mendapatkan akta nikah.

Camat Batu Putih, Wahyudi menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar sidang terpadu serupa dapat dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Menurutnya, banyak warga di wilayahnya yang kemungkinan belum memiliki akta nikah karena berbagai kendala, seperti biaya dan jarak ke kantor pengadilan agama.

“Kami berharap agar pemerintah dapat terus memberikan perhatian kepada masyarakat di daerah terpencil seperti Batu Putih,” ujarnya.

“Dengan adanya sidang terpadu ini, kami yakin akan semakin banyak pasangan yang mendapatkan kepastian hukum atas pernikahan mereka,” ungkapnya.

Sidang itsbat nikah ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan hukum dan administrasi kependudukan. Melalui program ini, diharapkan seluruh warga negara Indonesia dapat memiliki dokumen kependudukan yang lengkap dan sah. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel