Follow kami di google berita

Madri : “Pembiayaan Transportasi Haji Memang Seharusnya Ditanggung Pemkab”

A-News.id, Tanjung Redeb — Hadir dalam pelepasan keberangkatan jamaah haji Berau di Bandara Kalimarau, Ketua DPRD Berau Madri Pani memberikan apresiasi atas adanya sistem carter pesawat yang dilakukan oleh Pemkab Berau.

“Seharusnya memang seperti itu, karena aturannya juga sudah diatur dalam undang-undang. Dan jangan membebankan ke calon jamaah haji. Ini juga sebagai bentuk perhatian khusus dari pemerintah setempat ke masyarakat,” ujarnya saat ditemui Minggu (2/6/2024).

Dikatakan Madri, selain transportasi ke embarkasi, Pemkab juga harus memperhatikan dan bertanggungjawab untuk konsumsi jamaah haji, sebagai salah satu subsidi pemerintah daerah.

“Di daerah lain bisa dan mendapat itu biaya subsidi untuk transportasi hingga makanan para jamaah haji, kenapa Berau tidak bisa? Dengan kata lain, bukan digratiskan karena uang yang dipergunakan juga uang rakyat sehingga sudah seharusnya kembali ke rakyat,” tegasnya.

Karena menjadi hak para jamaah, Madri berharap Pemkab bisa menyediakannya. Dengan penganggaran yang baik, proses perencanaan yang bagus sehingga perjalanan haji ini bisa berjalan baik dan lancar.

Untuk kuota jamaah haji sendiri, dikatakan Madri diharapkan bisa seterusnya bertambah. Sehingga jumlah antrean jamaah bisa berkurang, khususnya bagi mereka yang sudah berusia lanjut atau lansia. Dalam artian, jamaah usia lansia bisa menjadi prioritas pemberangkatan. (yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel