Follow kami di google berita

Komisi II DPRD Minta Pemkot Samarinda Genjot PAD Melalui Sektor Usaha Walet

(Foto: Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah/Ist)

Anews.id, Samarinda – Anggota Komisi II DPRD Kota Samarinda, Laila Fatihah menyampaikan untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemerintah kota (Pemkot) Samarinda harus melihat potensi berbagai objek yang belum digarap maksimal.

Salah satunya yakni, potensi dalam sektor pajak sarang burung walet. Ia menuturkan agar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) bisa melihat ini sebagai peningkatan potensi PAD.

“Kalau kita lihat potensi besar yang bisa meningkatkan PAD dari sektor burung walet. Jadi kalau ini bisa digarap maksimal, kenapa tidak,” ungkap Laila saat dihubungi melalui sambungan seluler. Rabu (26/10/2022).

Kendati itu, Laila mengakui bahwa sektor usah burung walet masih kurang menyetor PAD di Samarinda. Bahkan, dari realisasinya hanya 1 persen dari yang ditargetkan di APBD murni sebesar Rp 500 juta.

“Karena pajak yang harus dibayar sebelum para pengusaha mendapatkan izin pengangkutan produk walet dari Balai Karantina Pertanian,” jelas Laila.

Selain itu, politisi dari fraksi PPP itu menambahkan bahwa hal ini pernah di bahas oleh instansi terkait. Yakni, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Namun sayangnya, masih ada laporan yang belum sinkron dari masing – masing instansi tersebut.

“Kalau Bapenda sudah mengaku bahwa telah menjalankan aturan. Artinya, selama dijalankan berarti ada WP. Pengusaha karena sudah bayar berarti legal. Sementara DPMPTSP menyatakan belum pernah terima izinnya, sedangkan PUPR. Inilah yang menjadi catatan Pemkot untuk menyinkronkan data yang ada,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel