Follow kami di google berita

Ingin Berau Gabung Kaltara, Zainal Janjikan Tol Berau-Kaltara

A-News.id, Tanjung Redeb – Gubernur Kaltara Zainal P Paliwang, masih mengidamkan Kabupaten Berau bergabung menjadi bagian dari provinsi ke-34 di Indonesia ini. Keseriusan itu, ditunjukkan dengan memberikan hak spesial kepada kabupaten paling utara Provinsi Kaltim.

Menurut Zainal, Kabupaten Berau akan diuntungkan dari segi administratif jika bergabung. Dari letak geografis, sangat memudahkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi, sejumlah pelayanan telah berinduk di provinsi termuda ini.

“Seperti kantor pajak induknya di Kaltara. Serta beberapa instansi vertikal, BUMD maupun BUMN juga,” katanya saat ditemui di kediaman mantan Bupati Berau, Makmur HAPK, Kamis (27/10/2022).

Selain itu, pembangunan infrastruktur akan semakin pesat dan berkembang. Terutama, interkoneksi akses jalan antar kedua daerah.
“Saya akan bangun jalan tol. Yang penting, Berau gabung dulu,” imbuhnya.

Bahkan disebutkan Zainal, Kabupaten Berau diberikan kebebasan untuk mengelola keuangan daerah sendiri, tanpa harus menyumbangkan pendapatan daerah ke Pemprov Kaltara.

“Tinggal dari kepala daerah lagi. Mau atau tidak. Dan wacana ini akan saya tindaklanjuti dengan serius bersama pemerintah dan DPRD Berau,” tandasnya. (JUN)

Bagikan

Subscribe to Our Channel