Follow kami di google berita

Buka Turnamen Ketapel di Gunta, Bupati Harapkan Event Olahraga Tradisional dapat Diagendakan Tiap Tahun

A-News.id, Gunung Tabur – Dari kalangan anak-anak hingga orang tua, Minggu (30/10/2022) siang saling adu kejituan membidik target di perlombaan olahraga tradisional ketapel yang digelar di halaman Museum Batiwakkal, Gunung Tabur.

Perlombaan tersebut digelar oleh Komando Rayon Militer (Koramil) Gunung Tabur berdasarkan instruksi dari pimpinan untuk menggelar event perlombaan dengan maksud mendekatkan diri kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing.

Danramil Gunung Tabur, Kapten Arm. Rustan Attas menyatakan, pihaknya sengaja memilih olahraga tradisional yakni ketapel untuk diperlombakan karena masih digandrungi oleh berbagai kalangan mulai anak-anak hingga orang tua, itu terlihat dari antusias jumlah peserta yang mendaftar cukup banyak.

“Dari data yang ada, total peserta yang mengikuti perlombaan ini ada sebanyak 131 peserta, dengan kategori dewasa 108 orang dan anak-anak 23 orang, para peserta akan memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah,” katanya.

“Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi. Karena ini merupakan salah satu olahraga tradisional dimana jika sebelum-sebelumnya yang diselenggarakan oleh pihak lain adalah jenis pertandingan olahraga prestasi,” tambahnya.

Di sisi lain Bupati Berau Sri Juniarsih yang membuka acara mengapresiasi perlombaan yang diselenggarakan tersebut. Apalagi pertandingan olahraga tradisional semacam itu sangat jarang dilaksanakan di Kabupaten Berau.

Kata Bupati melalui perlombaan tersebut, selain dapat menjadi ajang untuk mempererat silahturahmi juga bisa menjadi wadah untuk bernostalgia terhadap mainan masa kecil yang sudah menjadi budaya dari zaman dahulu.

“Ini merupakan salah satu car menyatukan kita semua dari berbagai masa sehingga mempererat silahturahim antara kita bersama dan menciptakan rasa persatuan antar sesama,” katanya.

“Jadi olahraga tradisional ini adalah olahraga masyarakat yang tidak kalah menarik untuk dipertandingkan,” tutupnya. (Adv/mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel