Follow kami di google berita

Aliansi Muda Berau Soroti Galian Tambang PT Berau Coal 

A-News.id, Samarinda- Aliansi Muda Berau (AMUBA) lakukan konsolidasi bersama masyarakat Kabupaten Berau yang berdomisili di Kota Samarinda membahas rencana aksi tuntutan kegiatan pertambangan PT Berau Coal, hal tersebit disampaikan Andi Muhammad Yunus selaku koordinator lapangan saat dikonfirmasi melalu pesan whatshapp Media A-news yang mengatakan, isu lingkungan yang saat ini muncul akibat dari keangkuhan perusahaan yang tidak benar-benar mematuhi aturan yang telah disepakati.

“Kegiatan tambang yang dilakukan PT. Berau Coal dari video yang beredar dapat dilihat adanya galian pertambangan yang sudah dekat dengan bibir sungai, hal ini sangat bertentangan dengan regulasi yang sudah di atur dan AMDAL yang sudah di sepakati ” ucapnya, Senin, (24/06/2024).

Yunus menyampaikan, kegiatan pertambangan yang dilakukan PT Berau Coal benar-benar dapat memberikan dampak buruk untuk masyarakat Berau. Dia menambahkan, atas tindakan tersebut masyarakat Berau harus dapat mengambil sikap menyuarakan penolakan perpanjangan perjanjian antara pemerintah dengan perusahaan berbadan hukum Indonesia untuk melakukan kegiatan Usaha Pertambangan Batubara (PKP2B).

“Besok akan kita laksanakan aksi pukul 09:00 wita sampai dengan menang dengan datang ke kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalimantan Timur. Kami akan menyuarakan tuntutan yang salah satunya adalah tolak perpanjangan PKP2B PT. Berau Coal,” sambungnya.

Yunus menegaskan, harus ada tindakan tegas yang dilakukan pemerintah sebagai efek jera yang diberikan kepada PT Berau Coal. Mengingat banyaknya permasalahan yang muncul akibat kegiatan pertambangan yang dapat memberikan dampak buruk kepada masyarakat dalam jangka panjang.(Ria)

Bagikan

Subscribe to Our Channel